Bisa Kena Sanksi Jika Asal Bunyikan Klakson

KBRN, Samarinda : Klakson adalah salah satu fitur wajib yang ada pada kendaraan. Pada kendaraan fitur ini secara umum diaktifkan menggunakan tombol yang letaknya di area kemudi pada mobil atau setang pada sepeda motor.

Klakson digunakan sebagai alat komunikasi, antara pengemudi dan pengguna jalan lain. Namun seiring waktu fungsinya klakson bisa jadi berbeda-beda di tiap negara tergantung budaya masing-masing.

Sebagai contoh di berbagai negara maju klakson hanya dibunyikan saat memperingati pengendara yang kurang tertib. Fungsi lainnya untuk 'menyadarkan' pengendara lain yang diprediksi akan atau dapat menyebabkan kecelakaan.

Klakson di Indonesia fungsinya bertambah, misalnya untuk memberitahu jika ada kendaraan yang akan datang saat berada di persimpangan, mengingatkan potensi bahaya, memberi kode saat ingin mendahului, bahkan meluapkan emosi.

Sedangkan di India, fungsi klakson semakin unik. Suara dari klakson seperti bentuk sapaan pengemudi di jalan, jadi jangan heran jika jalan raya di India sangat berisik . Mengutip dari berbagai Sumber .

Tahukah jika klakson yang kita bunyikan saat berkendara di jalan raya juga di atur dalam undang undang yang menyebutkan bahwa  klakson  merupakan alat yang wajib berfungsi di kendaraan baik motor atau mobil antara lain:

Apa saja isi Aturannya                                                                                        

1.Undang  Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan

2. Peraturan Pemerintah Nomor   55 Tahun 2012 tentang kendaraan

3.Aturan bunyi Klakson ;

Peraturan pemerintah Nomor55 Tahun 2012 pasal 69

- Kekuatan bunyi klakson berada rentang minimal 83 desibel dan maksimal 118 desibel

- Harus bisa  terdengar dalam jarak 60 meter

Pasal 71 PP Nomor 43 tahun 1993

Mengatur beberapa hal yang boleh   dilakukan dan dilarang terkait isyarat pada bunyi pada  kendaraan:

Klakson bisa di di bunyikan bila diperlukan untuk keselamatan lalu lintas

Isyarat peringatan dilarang di bunyikan dalam kondisi:

- Tempat tempat tertentu yang dinyatakan dengan rambu rambu

- Apabila isyarat bunyi mengeluarkan suara yang tidak sesuai dengan persyaratan tekhnis dan standar oendaraan bermotor maka akan mendapat sanksi

Undang undang nomor 22 tahun 2009 pasal 285 ayat 1

-Jika tidak memenuhi persyaratan tekhnis dan layak jalan saat mengemudi kan kendaraan bermotor seperti contohnya klakson,akan dipidanakan kurungan paling lama 1 bulan atau denda sebesar 250 ribu rupiah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00