Mengaktifkan Panggilan WiFi di Ponsel Android dan iPhone

KBRN, Samarinda : WiFi calling atau panggilan WiFi memungkinkan pengguna melakukan panggilan reguler di area konektivitas rendah atau buruk dengan bantuan jaringan WiFi. Layanan ini hanya berfungsi jika operator telekomunikasi mendukung panggilan WiFi dan pelanggan memiliki koneksi WiFi yang kuat.

Dilansir dari tempo.co Saat konektivitas jaringan rendah, ponsel yang kompatibel akan menggunakan jaringan WiFi untuk melakukan panggilan reguler melalui operator telekomunikasi langganannya. Di India, sebagian besar operator telekomunikasi menawarkan dukungan panggilan WiFi, termasuk Airtel, Reliance Jio, dan Vodafone Idea. Operator telekomunikasi tidak memungut biaya tambahan untuk layanan ini.   

Layanan panggilan WiFi baru sangat bermanfaat di area konektivitas jaringan yang rendah. Jika panggilan WiFi diaktifkan di ponsel cerdas, ponsel akan menggunakan jaringan WiFi yang terhubung untuk melakukan panggilan suara biasa. Misalnya, jika berada di ruang bawah tanah sebuah gedung dan memiliki konektivitas jaringan yang rendah, tapi WiFi kuat, pengguna masih dapat melakukan panggilan suara biasa tanpa hambatan.

Layanan ini terlihat untuk meningkatkan kualitas panggilan dan mengurangi penurunan panggilan. Layanan WiFi Calling melakukan panggilan melalui VoIP (protokol suara melalui Internet) alih-alih jaringan VoLTE (suara melalui LTE). Namun, untuk bisa menggunakannya, perlu diaktifkan terlebih dahulu.

Untuk Android, sebagian besar ponsel yang diluncurkan baru-baru ini kompatibel dengan WiFi Calling. Pengguna dapat memeriksa ini di ponsel mereka dengan masuk ke pengaturan jaringan dan mencari opsi. Jika opsi ini tidak tersedia, maka panggilan WiFi tidak kompatibel di telepon.

Cukup masuk ke menu Setting di smartphone Android, buka bagian Jaringan (Ini bisa disebut bagian Koneksi atau bahkan Jaringan Seluler). Di bagian Jaringan, buka Preferensi WiFi lalu klik Lanjutan. Kemudian periksa opsi yang disebut WiFi Calling.

Jika pengguna memiliki dua kartu SIM yang terpasang di telepon, pengguna dapat memutuskan nomor mana yang akan mengaktifkannya. Pelanggan bahkan dapat mengaktifkannya untuk kedua nomor. Di beberapa ponsel, opsi panggilan WiFi ditawarkan tepat di bagian Jaringan, tanpa perlu menyelam lebih dalam ke bagian Lanjutan.

Sementara, untuk mengaktifkan panggilan WiFi di iPhone, dapat diaktifkan dengan mudah selama operator telekomunikasi mendukungnya. Cukup bukan menu Pengaturan di iPhone, ketuk Telepon, pilih Data Seluler, lalu WiFi Calling (Ini hanya akan muncul jika operator telekomunikasi mendukung layanan ini).

Setelah itu bisa aktifkan WiFi di iPhone Calling. Jika WiFi Calling tersedia, pengguna akan melihat WiFi setelah nama operator di bilah status. Kemudian panggilan akan menggunakan WiFi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00