Aksi Lari dan Jalan Santai Sambil Pungut Sampah Ala Tentara

KBRN, Samarinda : Sebuah trend aktivitas yang datang dari negara Swedia ini dikenal menyehatkan sekaligus ramah lingkungan.

Plogging dapat diartikan sebagai aktivitas jogging yang dibarengi dengan aksi pungut sampah.

Hal ini dimulai dari kepedulian segelintir orang yang hobi lari pagi tentang sampah yang ada di sekeliling mereka. Alhasil, mereka berniat untuk membantu membersihkan sampah-sampah yang ada pada sepanjang rute jogging. Caranya adalah dengan berhenti sejenak dan mengambil sampah disela-sela aktivitas jogging.

Inilah dilakukan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), komunitas pelari dan anak berkebutuhan khusus di lapangan Makorem 091/ASN Jalan Gajah Mada Kota Samarinda Kalimantan Timur, Sabtu (25/6/2022).

Kegiatan ini mengambil tema ‘’Walk For Awareness’’ Lari Baik dan aksi Bersih Lingkungan (Plogging), dan sekaligus kegiatan WFA 2022  kampanye untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Jarak ditempuh 5,14 km star dari lapangan Makorem 091/ASN, Jln. Gajah Mada, Jl. Yos Sudarso, Jl. Niaga Timur, Jl. Imam Bonjol, Jl. Basuki Rahmad, Jl. Agus Salim, Jl. Kesuma Bangsa, (Untuk kegiatan plogging di GOR Segiri Samarinda),  Jl. Bayangkara Taman Samarenda, Jl. Miono, Jl. Tirta Kencana, Jl. Jend Sudirman finis lapangan Makorem 091/ASN.

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pasti kita sering mendengar  kalimat Men sana in corpore sano (di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat). Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga memiliki berbagai manfaat, baik bagi tubuh maupun mental manusia,"Sambutan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dibacakan Kasrem 091/ASN, Kolonel Inf Khabib Mahfud.

Danrem menambahkan Selain dari pada itu, olahraga juga sangat bermanfaat bagi kawula muda dalam meningkatkan bakat mereka untuk menjadi atlit.

Karena itulah, pihaknya mengajak semua untuk terus berolahraga dan menjaga lingkungan tetap bersih demi kesehatan tubuh kita sendiri. Ditengah-tengah kita juga hadir anak-anak berkemampuan khusus, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menghibur dan menyadarkan kepada kita bahwa mereka juga memiliki kemampuan yang dapat kita banggakan. 

"Saya mengajak kepada seluruh hadirin, agar selalu menerapkan protokol kesehatan, dan tetap selalu menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan selama kegiatan berlangsung", pesannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Pora Kaltim Drs. Agus Tianur, M.Si, Ketua Panitia pelaksana Hj. Farah Flamboyant, ST., S, Pd. CIMI, MISPl, Wakil Ketua Baznas Kota Samarinda Ahmad Syahir Idris SE, CP, NLP, Para Dokter spesialis Saraf dan Para Komunitas Lari Samarinda dan Pelita Bunda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar