Tiga Pesilat Kaltim Lolos Seleknas Persiapan Kejuaraan Dunia

Iqbal Chandra dan Dinda, pesilat Kaltim yang lolos seleknas. (Ist)
Hendra Wakhyu, pesilat Kaltim yang lolos seleknas. (Ist)

KBRN, Samarinda: Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kaltim, Kamis (23/06/2022) malam mendapatkan kabar dari PB IPSI, jika ketiga pesilat Kaltim yang mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas), telah lolos semua untuk dapat tampil mewakili tanah air dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat Dunia, yang bergulir di Malaysia.

Setelah seleknas tersebut, ketiga Pesilat Benua Etam ini langsung menjalani pelatnas dan kemudian langsung ke Melaka, Malaysia pada 23 Juli 2022.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua Pengprov IPSI Kaltim Ego Arifin, bahwa dirinya sempat kaget saat dihubungi pihak PB terkait kelolosan atletnya. Bahkan PB IPSI memberikan selamat kepada Kaltim.

"Terus gimana peluang kemarin, kok sampai lolos? Seleksinya kan ketat dan banyak yang tim. Yang tadinya ada tim 1 saja ini ada dua tim tentara khusus. Itu instruksi dari Prabowo dan ditindak lanjut oleh panglima," ucap Ego Arifin saat ditemui di KONI Kaltim, Jumat (24/06/2022).

Dalam seleknas tersebut diikuti lebih dari 100 pesilat tanah air yang ikut ambil bagian. Yang mana diantara atlet tersebut, ada beberapat atlet dari angakatan TNI yang juga lolos untuk membela Indonesia di negeri tetangga. Padahal PB hanya mengambil 28 atlet saja.

Dengan lolosnya ketiga atlet ini, Ego sangat bangga. Lantaran dari setiap seleksi untuk mengikuti single event, Kaltim hanya selalu meloloskan satu atlet saja.

Dari hasil tersebut, Ia meyakini bahwa pesilat Kaltim mampu berbicara banyak di tingkat nasional dan bisa memberikan kontribusinya untuk Indonesia.

"Dari 3 atlet ini, baru kali ini pencak silat Kaltim meloloskan atletnya 3 orang untuk event internasional kejuaraan dunia. Singel event baru kali ini biasanya kan multi event. Biasanya satu-satu aja yang lolos ini tiga langsung. Artinya fenomena ini atlet Kaltim indikatornya bahwa pesilat Kaltim bisa bersaing dengan provinsi yang lain. Bersaingnya sama lah, sejajar lah dengan daerah lain karena termasuk banyak dari daerah lainnya juga," jelasnya.

Ego kembali mengatakan jika Ia berharap dapat memberikan dampak positif kepada atlet juniornya untuk memicu motivasi dalam berlatih dan menjadi penerus Kaltim kedepannya.

"Sebenarnya pembinaan kita itu, mereka prestasi dan orang-orang dibelakangnya punya peran masing-masing . Alhamdulillah sistem di Kaltim ini berarti berjalan dengan baik. Kedepan, mudah-mudahan dengan terpilih mereka jadi motivasi bagi juniornya. Yang tadinya bisa ngomong 1 orang saja tapi sekarang banyak," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar