Upaya Disporapar Samarinda Mengenalkan Olahraga Tradisional

Jajaran Disporapar Samarinda. (Rendy)
(Rendy)

KBRN, Samarinda: Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda, melalui Bidang Pengembangan Olahraga menggelar pelaksanaan pengembangan dan permasalah olahraga rekreasi tradisional bersama atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD), yang dilakukan di Mahakam Lampion Garden.

Plt kepala Disporapar Samarinda yang menyempatkan hadir, sekaligus membuka kegiatan tersebut, Muslimin menerangkan, bahwa tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk melibatkan banyak orang agar bisa memasyarakatkan olahraga melalui olahraga rekreasi.

"Bidang pengembangan olahraga melaksanakan kegiatan olahraga rekreasi tradisional yang tentu saja bertujuan memasyarakatkan olahraga tradisional di Samarinda karena didalam menciptakan masyarakat olahraga yang sehat dan bugar tentu saja harus dilakukan kegiatan semacam ini," ucap Muslimin usai pembukaan, Rabu (25/05/2022).

Muslimin berharap olahraga rekreasi ini bisa dilanjutkan dengan baik kedepannya. Bahkan dirinya menyarankan kepada Bidang Pengembangan Olahraga untuk dapat menggelar event seperti lebih besar lagi, agar masyarakat luas bisa lebih mengetahui olahraga rekreasi tersebut.

"Tentu saja harapan kami kedepan, olahraga ini tidak sampai disini saja selalu berkelanjutan, makanya saya tekankan kepada bidang pengembangan olahraga untuk melaksanakan event yang lebih besar lagi dengan skala tingkat provinsi supaya melibatkan masyarakat yang lebih banyak untuk melihat bahwasanya olahraga tradisional itu seperti apa," terangnya.

Lebih lanjut Muslimin juga menjelaskan jika kebanyakan masyarakat lebih mengenal cabang olahraga prestasi seperti yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Karena selama ini kita hanya mengenal olahraga prestasi yang setiap kegiatan multi event tetapi kegiatan bersifat tradisional ini jarang kita dapati bahkan setahun paling satu kali, baik di tingkat kota maupun provinsi," jelas Muslimin.

"Kita berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan 2-3 kali di kota Samarinda untuk bisa bagaimana masyarakat melihat ada kegiatan-kegiatan budaya kita yang perlu kita kembangkan lagi agar menjadi bagian kegiatan masyarakat yang tentu saja meningkatkan kekeluargaan, kesehatan dan kebugaran bagi gemerasi muda kita di Samarinda," sambungnya.

Setelah melangsungkan pembukaan, jajaran Disporapar Samarinda hingga panitia pelaksana beramai-ramai untuk turut mencoba dalam perlombaan olahraga rekreasi. Bahkan atlet PPLPD pun juga turut meramaikan perlombaan tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar