Pemerhati Sepakbola Kaltim Ambil Sikap Tegas Terkait Kongres PSSI Yang Gugurkan Calon Kandidat

Pemerhati Sepakbola Kaltim lakukan aksi damai. (Rendy)
(Rendy)

KBRN, Samarinda: Insan Pemerhati Sepakbola Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar aksi damai di depan Sekretariat Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kaltim, Jalan Abdul Wahab Syahranie, Gang 45, Samarinda Selasa (24/05/2022) siang.

Aksi damai tersebut dilakukan karena pihaknya telah melihat fenomena persiapan Kongres Asprov PSSI Kaltim yang gagal terlaksana akibat tidak meloloskan 3 bakal calon ketua komite pemilihan, ditambah lagi kebisingan akibat beredarnya rekaman suara via telepon diduga suara ketua komite pemilihan, membuat dugaan adanya kecurangan dalam proses verifikasi berkas bakal calon ketua Asprov PSSI Kaltim.

Sebagai Penanggung Jawab pelaksana aksi damai, Darmin Balfas menerangkan jika hingga detik ini tahapan kongres Asprov PSSI belum selesai dan menilai awal tahapan kongres sudah tidak benar.

"Pertama, Anggota PSSI secara umum yang terhimpun didalam PSSI Kaltim tidak dilibatkan secara keseluruhan dalam pembentukan kepanitiaan. Kedua, Pembentukan panitia tidak diberitahukan dimana sekretariat Kongres Asprov PSSI Kaltim. Ketiga, pada saat mekanisme sudah dijalankan, pengambilan formulir serta verifikasi tiga bakal calon, hal apa saja yang menyebabkan mereka tidak lolos," terang Darmin saat ditemui awak media.

Lebih lanjut Darmin kembali menjelaskan, Pemerhati Sepakbola Kaltim ini sudah mengetahui jika komite banding tidak menerima ajuan dari calon kandidat.

"Kemudian salah satu bakal calon mengajukan banding kepada Komite Banding, tidak dilayani oleh Komite Banding. Malah katanya komite banding itu menyampaikan kepada salah satu bakal calon, apabila tidak menerima hasil verifikasi maka silahkan lapor kepada kepolisian," lanjut Darmin.

Hingga kini saat dikonfirmasi awak media, baik komite pemilihan maupun komite banding masih belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut.Adapun tuntutan aksi damain yang dilakukan oleh Insan Pemerhati Sepakbola Kaltim, yakni:

1. Meminta Komite Pemilihan kongres Asprov PSSI Kalimantan Timur untuk menyampaikan secara terang alasan tidak diloloskannya 3 bakal calon ketua Asprov PSSI Kaltim.

2. Meminta kepada Komite pemilihan kongres PSSI Kaltim untuk kembali melakukan verifikasi berkas 3 bakal calon ketua Asprov PSSI Kaltim secara terbuka dihadapan kandidat dan tim pendukung.

3. Mendukung ketua komite pemilihan kongres Asprov PSSI Kaltim untuk bersama-sama membongkar dugaan kecurangan dalam proses verifikasi sesuai fakta-fakta yang disampaikan dalam rekaman suara yang beredar luas.

Turut juga Polsek Samarinda Ulu dan Sungai Pinang melakukan pengamanan kawasan Gang 45 untuk memantau aksi damai dari Insan Pemerhati Sepakbola Kaltim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar