Yakin Juara Umum, Tinju PPU Siap Mendulang Sejarah Kembali

Pelath Tinju PPU Wasis Adibowo bersama atletnya.

KBRN, Samarinda: Tim Tinju Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sempat vakum hampir 5 tahun dalam menghadapi event tingkat provinsi. Kini pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Tinju junior Pertina Kalimantan Timur (Kaltim), PPU bisa dipastikan untuk meraih juara umum yang bergulir dari 23-26 Januari 2022, di Aula Serbaguna Gor Segiri, Samarinda.

Dipastikan juara umumnya PPU dalam event ini, mengingat tim tersebut telah mengantongi sebanyak 5 medali emas dan 2 perunggu dari 8 petinju terbaik yang diturunkan.

Melihat prestasi anak asuhnya pada event kali ini, sebagai Pelatih Tinju PPU, Wasis Adibowo merasa bersyukur dengan kemampuan atletnya tersebut.

Bahkan menurutnya torehan 5 emas ini sudah melampaui target yang dinginkan.

"Ya Alhamdulillah memang selama ini kami rutin latihan walaupun dianggap belum ada kegiatan, vakum, tapi kami terus berlatih, kami tidak perduli keadaan seperti apa. Apalagi di PPU lagi bermasalah juga kami memang perhatian belum begitu baik dan Sebenernya ini anak-anak sekolah yang kami berangkatkan," ucap Wasis saat dijumpai awak media disela pertandingan, Selasa (25/01/2022).

"Di PPU itu ada kelas olahraga yang namanya kelas tinju yang dikelola oleh SMPN 21 Penajam. Anak-anak SMP ini juara semua dan 1 lagi anak-anak SMk dua. Jadi Alhamdulillah anak-anak semua," sambungnya.

Lebih lanjut, jika PPU sendiri khusus di cabor Tinju meraih juara umum pada Kejurprov se-Kaltim, maka Wasis menerangkan bahwa hal ini bisa saja timnya akan kembali mendulang sejarah yang lalu, seperti Kejurprov maupun Porprov yang bergulir.

Bahkan PPU sendiri sempat vakum hampir 5 tahun dari event provinsi. Sehingga di tahun 2022 ini, timnya kembali turun dan langsung meraih emas melebih target 4 emas yang diinginkan.

"Tahun-tahun lalu waktu Porprov itu kita selalu medali emas, bahkan sampai 4 medali emas nah ini terulang lagi. Kami kan lama vakum, 5 tahun yang lalu kami vakum. Ini setahun terakhir kami mulai aktif lagi, mulai dari anak-anak junior. Mudahan kedepannya menjadi aset Kaltim," terangnya.

Wasis juga berpendapat bahwa atlet-atlet junior yang diturunkannya ini merupakan aset bagi Tinju Benua Etam dalam menghadapi event tingkat nasional mendatang.

"Satu tahun terakhir baru mulai lagi, dengan harapan Kaltim hidup kembali, Saya berbicara Kaltim, Ini anak-anak saya ini aset untuk Kaltim," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga berharap dari Pengcab Pertina maupun Pemkab PPU untuk dapat lebih memperhatikan atletnya yang berprestasi. Mengingat sejauh dalam persiapannya ini, pihaknya menggunakan modal pribadi dan alat latihan terbatas. Untuk itu dirinya sangat berharap atas perhatian yang diberikan.

"Dengan adanya seperti ini saya berharap dari pemerintah lebih memperhatikan kami. Karena selama ini terus terang kami modal sendiri, dengan dukungan dari pemerintah pasti akan lebih baik lagi," harap Wasis.

"Kami mohon pemerintah lebih perhatian ke Olahraga khususnya tinju, saya yakin karena saya mantan atlet sehingga begitu getol membina atlet itu bahkan untuk Kaltim," lanjutnya.

Dalam Kejurprov Tinju yang akan bergulir Rabu (26/01/2022) malam besok, akan ada 7 pertandingan eksibisi tingkat senior yang juga merupakan sebagai ajang seleksi tim Tinju Kaltim dalam mempersiapkan diri menghadapi PON XXI/2024 diam Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar