Manfaat Olahraga Di Waktu Pagi, Sore Dan Malam

KBRN, Samarinda: Kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga semakin besar. Sekarang, makin banyak orang-orang yang mulai ingin meraih sebanyak mungkin manfaat dari olahraga, sehingga tidak sedikit yang mempertanyakan kapan waktu yang tepat untuk olahraga agar manfaat yang diperoleh dapat lebih maksimal.

Tidak ada patokan pasti kapan waktu yang tepat untuk olahraga. Pasalnya, olahraga yang dilakukan pada pagi, sore, atau malam hari memiliki kelebihan masing-masing dan tetap membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari alodokter.com, berikut Waktu yang Tepat untuk Olahraga :

1.Pagi Hari

Udara yang masih belum terkontaminasi polusi dan kondisi yang masih sepi membuat pagi hari kerap dimanfaatkan sebagai waktu olahraga yang baik. Menurut Profesor Lara Carlson, Ph. D. yang merupakan ahli dalam ilmu olahraga terapan dari University of New England juga mengamini bahwa olahraga pagi sangat bagus untuk siapapun yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu bisa membuat tubuh lebih berenergi, meningkatkan mood atau suasana hati sepanjang hari karena pada pagi hari otak melepas hormon endorfin, yaitu hormon yang merangsang perasaan Bahagia, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan performa kerja, dan membantu mengontrol nafsu makan di sepanjang hari dan membantu menurunkan berat badan.

Usahakan untuk berolahraga dalam keadaan perut kosong. Intensitasnya juga harus tepat, yakni sekitar 30 menit per hari.

2.Sore dan Malam Hari

Sebagian orang yang tidak sempat berolahraga di pagi hari memilih untuk melakukannya di sore atau malam hari. Menurut Profesor Lara Carlson, Ph. D., olahraga sore bisa membantu meningkatkan aktivitas enzim. Begitu juga dengan aktivitas otot. Selain itu, olahraga sore juga bagus untuk membuat tubuh lebih rileks setelah seharian bekerja.

Manfaat kesehatannya juga tidak sedikit. Bahkan menurutnya olahraga di waktu sore dan malam justru lebih efektif untuk membentuk otot, membantu menghilangkan stres, sehingga dapat membuat pikiran Anda lebih rileks setelah melalui pekerjaan atau pelajaran yang membebani pikiran, tubuh lebih lincah dan tanggap terhadap reaksi, penggunaan energi cenderung lebih efektif karena oksigen diserap lebih cepat daripada pagi hari.

Ada beberapa beberapa yang perlu diperhatikan olahraga di waktu ini, yaitu sahakan jangan langsung tidur selepas berolahraga. Beri jeda waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam. Selain itu, jangan berolahraga terlalu malam agar tidak mengganggu jam istirahat.

Baik olahraga pagi, sore atau malam hari, ketiganya sama-sama bagus untuk kesehatan. Ketiganya bisa membakar lemak dan membentuk otot. Namun apapun pilihanmu, olahraga harus dilakukan dengan benar agar kamu bisa mendapatkan hasil dan manfaat maksimal dari berolahraga.

Untuk memaksimalkan olahraga kamu penting juga untuk mengonsumsi vitamin C sebelum atau setelah olahraga. Mengonsumsi vitamin C sebelum berolahraga dipercaya mampu membakar kalori lebih banyak, bahkan setelah olahraga selesai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar