Pertama Kali di Kubar, Ada Kejuaraan Sepak Bola Usia 40 Tahun ke-Atas

Kejuaraan Galatua Bupati Cup Kutai Barat, Resmi Bergulir di Stadion Swalas Gunaq Sendawar

KBRN, Sendawar: Untuk pertama kalinya di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) digelar Kejuaraan Sepak Bola Usia 40 tahun ke-atas bertajuk Galatua Bupati Cup, tahun 2022 ini.

Kejuaraan sepak bola tersebut resmi bergulir, setelah dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Barat, Ayonius, di Stadion Swalas Gunaq, Kecamatan Barong Tongkok, Minggu (16/1/2022).

"Saya sangat menyambut baik pelaksanaan kejuaraan yang diperuntukan bagi pemain sepak bola Kutai Barat yang eksis ditahun 90 hingga 2000an tersebut,"kata Sekda Kubar, Ayonius membacakan Sambutan Bupati FX Yapan.

Kegiatan ini, lanjut Ayonius sangat sarat makna. Karena selain menggagas skill dan kemampuan, setiap pribadi memainkan peran dan mewujudkannya dalam sebuah persatuan dan kesatuan tim yang solid, juga membawa pesan kesehatan bagi masyarakat Kutai Barat.

Sekda Kubar, Ayonius didampingi Kadispora Kubar Gamas Laden, Ketua KONI Kubar Stepanus Ujung dan Jajaran Panitia saat Cabut Undi, Dua Tim yang bertanding mengawali Gelaran Kejuaraan Bupati CUP Kubar tahun 2022

"Saya berharap semua tim kesebelasan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam kompetisi ini. Bukan hanya sebuah kemenangan yang menjadi capaian utama, tapi yang terpenting adalah saudara sekalian telah menjadi bagian masyarakat yang memotivasi semua insan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,"lanjutnya

Dalam kesempatan sama Ketua Koni Kubar, Stepanus Ujung menjelaskan, Kejuaraan Galatua Bupati Cup ini terselenggara atas inisiasi KONI, PSSI dan Komunitas All Star Galatua Kutai Barat guna menghidupkan kembali kegiatan olahraga, khsusnya Sepak Bola setelah vakum dua tahun terakhir akibat Pandemi Covid-19.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk mempererat tali persahabatan dan silaturahmi antar mantan-mantan pemain Kutai Barat, sekaligus menghidupkan kembali dunia olahraga, karena dua taun terakhir tidak pernah ada kejuaraan-kejuaraan, termasuk salah satunya kejuaraan sepak bola ini,"jelasnya

Ia berharap, melalui event kejuaraan Galatua Bupati Cup dapat memberi motivasi kepada generasi muda untuk menggapai prestasi, membawa nama Kutai Barat, baik ditingkat Nasional maupun Internasional, khususnya di cabang olahraga sepak bola.

“Melalui kegiatan ini para talenta sepak bola muda bisa melihat para senior-senior mereka bertanding, siapa tahu nanti ada teknik yang bisa diikuti dan termotivasi untuk terus mengasah skill mereka. Orang tua saja masih semangat untuk bermain sepak bola, kenapa tidak untuk generasi muda kita,”tandasnnya

Pertandingan antara Kecamatan Damai menghadapi Kecamatan Jempang, membuka Gelaran Kejuaraan Bupati CUP Kubar 2022

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraaan Galatua Bupati Cup Kubar, Noratim menyebutkan ada 12 Tim dari 12 Kecamatan yang mengikuti kejuaraan tersebut yakni Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat, Muara Lawa, Bongan, Nyuatan.

Kemudian Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Melak, Siluq Ngurai, Damai dan Kecamatan Jempang. Sementara 4 Kecamatan di Kubar yang tidak mengikuti yakni, Tering, Long Iram, Muara Pahu dan Kecamatan Bentian Besar.

“Jadi juaranya nanti, untuk Satu, Dua dan Tiga dapat Trofi, Piagam, dan uang lelah-lah, nah kalau juara empat tidak ada pialanya, hanya piagam dan uang. Kemudian nanti ada juga hadiah untuk Top Score, Tim terbaik, Kiper Terbaik dan Pemain Terbaik,”sebutnya

Diterangkan Noratim, sistem pertandingan Kejuaraan Galatua Bupati Cup berlangsung setengah Kompetisi, masing-masing terbagi 3 Tim, dalam 4 grup. Berlangsung mulai tanggal 16 hingga 23 Januari 2022 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar