KASAL Cup Jadi Sasaran Antara Layar Kaltim Menuju Sasaran Utama PON 2024

Tim Layar Kaltim.

KBRN, Samarinda: Pengprov Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Kaltim, baru saja selesai mengikuti kejuaraan tingkat nasional yakni KASAL Cup 2021 pada akhir November lalu, di Jakarta.

Pada ajang tersebut, pelayar Kaltim sendiri telah meraih posisi runner up dengan mengantongi 5 medali, diantaranya 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Menurut Ketua Pengprov Porlasi Kaltim, Teddy Nanang Abay, kejuaraan tahunan KASAL Cup ini sangatlah wajib diikuti. Karena anggaran yang ada sangat dimanfaatkan oleh pengurus cabor layar daerah untuk mematangkan persiapan atletnya menuju event tingkat nasional lainnya. Sehingga dirinya pun tidak berambisi agar meraih juara umum.

"KASAL Cup buat kami penting karena apa, ini adalah agenda tahunan yang paling rutin karena ada anggatan APBN nya. Dimanfaatkan oleh kita-kita yang mempunyai kesempatan. Manfaatnya atlet junior kita mainkan disitu, untuk mengukur next target berikutnya. Jadi sasaran antara dan sasaran utama," ucap Teddy, Jumat (03/12/2021).

Karena KASAL Cup ini sebagai acuan antara persiapan layar Kaltim, maka tujuan utamanya ialah bersiap menghadapi event yang ditunggu, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mendatang di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

"Jadi KASAL Cup 2021 itu sasaran antara. KASAL Cup 2022 itu sasaran antara juga. Sampai 2023, 2024 PON itu sasaran utama," jelasnya.

Sementara itu, Teddy sendiri sengaja menurunkan beberapa atlet juniornya yang secara perdana mengikuti kejuaraan nasional pada KASAL Cup tahun ini. Dirinya menilai, dengan torehan medali perunggu yang diraih atlet juniornya tersebut sangatlah baik, mengingat lawan yang dihadapi merupakan atlet senior dari daerah lain yang memiliki jam tanding lebih tinggi dibandingkan atlet juniornya.

"Mereka sudah masuk zona medali, sudah perunggu semua. Artinya memang targetnya perunggu. Karena dua diatasnya masih senior-senior. Tapi kan dia tidak melapis dibawah. Yang seniornya tidak ikut main di PON, ya dia diatas lah sudah," pungkasnya.

Hingga kini para atlet Layar Benua Etam sudah kembali ke Tanjung Batu Kabupaten Berau untuk kembali menjalani latihan TC Desentralisasi Mandiri, yang dimana pelatihan ini juga sebagai ajang persiapan menuju KASAL Cup di Papua 2022 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar