Optimisme Tim Rugby Samarinda Untuk Raih Prestasi Tertinggi

KBRN, Samarinda : Rugby merupakan olahraga yang berasal dari Inggris. Olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik ini pertama kali muncul pada tahun 1823.Seiring berjalannya waktu, popularitas rugby makin meroket hingga merambah negara-negara lain di dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, olahraga rugby mulai populer di tahun 80-an. Para ekspatriat dari Britania Raya yang membawa olahraga ini ke tanah air. Sejak saat itu, rugby mulai dimainkan juga oleh warga lokal Indonesia.

Di awal 2000-an, para penghobi olahraga rugby di Indonesia mulai merapatkan barisan. Hingga pada akhirnya terbentuklah timnas rugby Indonesia pada tahun 2006.

Meski sudah ada sejak awal 2000-an, wadah olahraga ini baru terbentuk pada 2013 lalu. Lewat Persatuan Rugby Union Indonesia, peminat olahraga keras ini dipersatukan dalan wadah dan payung yang sama.

Olahraga Rugby di Kota Samarinda

Cabang olahraga ini kemudian masuk ke Kota Samarinda sekitar tahun 2018. dan secara resmi masuk dalam keanggotaan KONI Kota Samarinda pada Tahun 2019.

"Kalau Potensi sendiri, bukan saya membanggakan tapi Saya yakin untuk Rugby di Kaltim sendiri masih teratas khususnya Kota Samarinda", Ujar Aidil Hafiedz Ahmad, Ketua Harian Rugby Kota Samarinda disela sela latihan Tim Rugby Samarinda di GOR Sempaja Samarinda.

Dalam wawancara tersebut Aidil Hafiedz juga menyampaikan porsi latihan yang diberikan kepada Atlet Rugby ialah pembenahan Fisik dan juga teknik terus ditingkatkan serta diselingi dengan game untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan atlet.

Aidil Hafiedz juga mengatakan Tim Rugby Kota Samarinda juga Pernah mengikuti kejuaran Rugby se Kalimantan Timur pada Tahun 2021 dan Samarinda pun berhasil meraih Juara 1 baik putra maupun tim Putri dalam kejuaraan tersebut

Tim Rugby Samarinda pun terus rutin melatih fisik dan skill untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan serta teknik dilapangan sebagai persiapan untuk menghadapi Selekot, Pra Porprov, dan tentunya Porprov yang akan di selenggarakan dalam waktu dekat ini.

Untuk dukungan dari KONI Kota Samarinda sendiri Aidil Hafiedz menyebutkan sangat mensuport dalam kegiatan Cabor Rugby Samarinda.

"Untuk visi nya sendiri kita terus ingin berkembang lebih baik, karena ingin membawa Rugby Samarinda menuju kancah nasional, jujur Rugby kita ini baru di Samarinda tapi kita sudah mengarahkan mata panah kita untuk empat tahun kedepan PON Aceh kita target Medali Emas, kita pasang target tertinggi", Pungkas Aidil Hafiedz kepada RRI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00