Indonesia Terancam Sanksi WADA, Tak Bisa Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia

Sanksi WADA Badan Antidoping Dunia

KBRN, Samarinda: Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menyatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak patuh dalam menerapkan program uji doping bersama dengan Korea Utara dan Thailand.

Lantaran hal tersebut, wacana Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam beberapa ajang olahraga internasional dapat terancam gagal.

Pasalnya, harapan besar telah digaungkan sejak lama karena Indonesia sudah dipastikan jadi tuan rumah di beberapa cabang olahraga besar. Seperti Piala Dunia U-20 2023, MotoGp 2022, Bulu Tangkis : Indonesia Open, Indonesia Masters, dan BWF World Tour Finals, Formula E, dan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

Selain itu perwakilan-perwakilan dari Indonesia, Korea Utara, dan Thailand juga tidak memenuhi syarat menempati posisi sebagai anggota dewan di dalam sebuah komite sampai ada pemulihan status dalam jangka waktu satu tahun atau lebih.

Negara lain yang pernah mendapat sanksi berat dari WADA adalah Rusia pada 2019. WADA melarang Rusia tampil di Olimpiade dan ajang olahraga besar lain, serta tak bisa menjadi tuan rumah karena dinilai tidak jujur mengenai data anti-doping.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00