Alami Cidera, Atlet Taekwondo Kaltim Yakin Bisa Pulih

KBRN, Samarinda: Guna mematangkan segala persiapannya dari segi tehnik, kelincahan, maupun daya tahan pada cabang olahraga taekwondo menuju ajang terakbar Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 Tahun 2021 di Papua mendatang, para taekwondowan Kalimantan Timur (Kaltim) kini terus menggejot persiapannya pada program persiapan khusus.

Tim Taekwondo Kaltim sejak awal Februari lalu sudah melakukan TC Sentralisasi yang dipusatkan di Dojang Taekwondo, Komplek Folder Air Hitam, Samarinda.

Sebagai salah satu atlet Taekwondo senior Kaltim di kategori kyorugi, Mochammad Teguh Prakoso mengatakan, sejak saat itu dirinya sudah mengalami cidera saat berlatih. Sehingga dirinya hanya bisa melakukan latihan ringan secara terpisah agar bisa memaksimalkan pemulihan dari cideranya di bagian kaki.

"Ya kesehariannya untuk saya karena cideragini jadi terhambat. Latihan dipisah jadi gerakan yang tidak menimbulkan rasa sakit saja untuk sementara. Gak bisa gabung dengan yang lain. Latihan pemulihan untuk jaga kondisi ACL PCL," katanya Mochammad Teguh Prakoso.

Lebih lanjut hingga kini Teguh dan rekan atlet lainnya sudah menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda). Untuk kondisi dirinya mengatakan sudah mulai hampir kembali pulih dari cidera. Sehingga dirinya yakin pada bulan Agustus nanti sudah bisa kembali latihan dengan normal.

"Sekarang sudah dua bulanan ini. Kondisi sekarang 60-70 persen sudah membaik. Sebelum PON pasti sudah yakin bisa. Kalau bisa sebelum bulan Agustus targetnya dibulan ini sudah membaik dan kembali latihan normal," ucapnya.

Teguh mengaku selama menjalani program, hingga kini belum ada kendala yang ia rasakan. Bahkan untuk gizi serta asupan makanan yang berimbang, selalu disiapkan oleh pengurus yang bertujuan untuk menjaga berat badan agar bisa masuk pada kelas tanding yang dituju.

"Nggak ada sih kendala. Semua program latihan berjalan dengan bagus aja sih mas. Gak ada kendala sama sekali. Karena ada konsultan fisik juga kan. Untuk gizi tercukupi ya sesuai untuk makanan. Makan yang ada disediain itu aja kita kalau di Taekwondo ini," ujar Teguh.

Hingga kini Teguh berusaha sangat keras untuk memulihkan kondisinya untuk segera memantapkan tehnik yang ia lewatkan beberapa bulan terakhir. Hal tersebut agar dirinya bisa mencapai target medali emas seperti yang ia harapkan sebelumnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00