Kapolres Samarinda : Pokdarkamtibmas Bhayangkara Mitra Problem Solving

KBRN, Samarinda : Kepolisian Resort Kota Samarinda Jumat (27/11/2020) Siang melantik kepengurusan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Samarinda. Di Provinsi Kalimantan Timur sendiri baru ada tiga daerah yang memiliki Pasukan Pengamanan Masyarakat Pam-Swakarsa yakni Samarinda Balikpapan dan Kutai Kartanegara.

Berlangsung di Aula Wira Pratama, pelantikan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan dimana seluruh undangan diwajibkan memakai masker dan pelindung wajah.

Kapolresta Samarinda Kombespol Arif Budiman secara langsung melantik Jajaran Pengurus yang diketuai Rachmadansyah ditandai dengan pembacaan Naskah Pengukuhan dan Penyerahan Bendera PATAKA disaksikan Ketua Pokdarkamtibmas Kaltim Abraham Ingan.

Menurut Kapolresta Pokdarkamtibmas Bhayangkara sebagai mitra strategis Polri berperan penting dalam menjaga kondusifitas dan keamanan Kota Samarinda. Namun begitu, Kombespol Arif Budiman mengingatkan agar tidak ada oknum Pokdarkamtibmas yang mencari keuntungan pribadi dengan mengatasnamakan Institusi Polri.

“Tapi Saya yakin tidak ada yang seperti itu di Samarinda. Jadi, Kita ini saling bersinergi bukan berarti anggota Pokdarkamtibmas itu adalah polisi tetapi menjadi mitra untuk menemukan problem solving mengatasi masalah agar cukup diselesaikan di tingkat masyarakat sendiri. Kalau tidak bisa baru dilanjutkan ke Polsek atau ke Polres”, kata Kapolresta.

Sementara itu Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Samarinda Rachmadansyah kepada Radio Republik Indonesia mengatakan pasca pengukuhan pihaknya bergerak cepat untuk membentuk kepengurusan di tingkat Kecamatan hingga Kelurahan sebagai upaya memperluas jangkauan kerja sehingga langsung menyentuh masyarakat.

“Setelah pelantikan ini Kami akan membentuk pengurus di tingkat sektor di 10 Kecamatan program pertama Kami di Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Samarinda. Kemudian nanti ada lagi pembentukan di tingkat sub sektor yaitu Kelurahan dan Desa”, ucap Rachmadansyah.

Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Samarinda memiliki anggota dari beragam latar profesi mulai dari pengusaha, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat tokoh agama, tokoh pemuda hingga dokter. Pelibatan berbagai kalangan menjadi strategi merangkul semua pihak untuk bersama mewujudkan Samarinda yang aman. Selanjutnya, pembentukan Pokdarkamtibmas Bhayangkara juga akan menyasar 7 Kabupaten/Kota lain secara bertahap hingga awal tahun 2021 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00