Kapolres Baru Siap Jemput Bola Amankan Pilkada dan Tangani Covid-19

KBRN, Sendawar: Upacara Adat Tepung Tawar dan Pedang Pora, lantunan lagu selamat datang serta puisi perpisahan mewarnai penyambutan sekaligus Pelepasan Kapolres Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim), di Mapolres Kubar, Senin (26/10/2020).

Melalui acara tersebut, Kapolres Kubar sebelumnya yang kini menjabat sebagai Wadir Binmas Polda Kaltim AKBP. Roy Satya Putra resmi digantikan oleh AKBP. Irawan Yuli Prasetyo yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon) A Plopor Sat Brimob Polda Kalimantan Utara (Kaltara).

Kapolres Kubar AKBP. Irwan Yuli Prasetyo menjelaskan, sedikitnya ada dua atensi dari pusat yang harus segera ditindaklanjuti mengawali karir barunya sebagai pucuk pimpinan di Polres Kubar, yakni masalah penanganan COVID-19 dan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kubar tahun 2020.

Upacara Adat Tepung Tawar menyambut Kapolres Kutai Barat yang baru AKBP. Irwan Yuli Prasetyo

Sehingga demikian, langkah pertama yang akan dilaksanakan adalah berkoordinasi baik dengan Pemerintah Daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pihak terkait lainnya hingga Pasangan Calon yang bertarung dalam Pesta Demkrasi Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu) tahun ini.

“Koordinasi itu sangat penting. Walaupun saya baru saya akan sambut bola, mengingat ada dua hal yang menjadi atensi khusus dari pusat. Pertama, Pesta Demokrasi dan yang ke-dua adalah masalah penanganan Covid-19,”Jelasnya

“Jadi ini harus saling bersinergi, walaupun pada dasarnya saat pesta demokrasi ada hal-hal yang bisa menjadi pelanggaran dalam protokol kesehatan. Nah ini yang harus kita koordinasikan dengan Pemerintah Daerah, KPU, kemudian yang terkhusus lagi adalah para calon yang sedang bertarung dalam pesta demokrasi itu sendiri,”ungkapnya.

Upacara Pedang Pora Perpisahan dengan Kapolres Sebelumnya AKBP. Roy Satya Putra

Selin itu, Ia juga menegaskan, siap melanjutkan 10 Program Kapolres sebelumnya, terkait dengan pengembangan Polres Kutai Barat selama masa jabatannya di wilayah tersebut.

Maka itu, Ia mengharapkan dukungan dan kerjasama jajaran perwira hingga seluruh anggota Polres termasuk Polsek jajaran baik di Kubar maupun Kabupaten Mahakam Ulu.

Terlebih kepada masyarakat termasuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, agar turut serta menjaga stabilitas keamanan demi suksesnya pesta Demokrasi serta mematuhi segala protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran serta memutus rantai penularan Covid-19, baik di Kubar maupun Mahulu yang kini masih masuk dalam wilayah hukum Polres Kubar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00