Potong Excavator Untuk Dijual, 6 Pencuri Diamankan Polresta Samarinda

KBRN, Samarinda : Tim Macan Borneo Unit Jatanras Polresta Samarinda berhasil mengamankan 6 orang pelaku tindak pidana pencurian alat berat excavator yang terjadi pada Minggu (2/2/2020) sore pukul 17.30 wita di Jalan Rimbawan Dalam Kelurahan Tanah Merah tepat di lokasi site lahan tambang PT.CEM Samarinda.

Berdasarkan kronologi kejadian pelaku saat itu kedapatan melakuakan pencurian alat berat merek Dosan 700 fit jenis excavator milik PT. Bintang Alam Rezeki dengan cara dipotong menjadi beberapa bagian dengan menggunakan las oleh pelapor yang merupakan Komisaris PT BAR. Melihat kejadian itu pihak perusahaan langsung melapor ke Polresta  Samarinda untuk ditindak lanjuti.

Unit Jatanras Polresta Samarinda kemudian langsung menuju ke TKP dan mengamankan para pelaku sekitar pukul 21.00 wita. Mereka diantaranya Hamsah (38), Yahya (35), Rahman Tauhit (36), Prananto (26), Rizky Hermawan (27), Murdianto (35).

Kepala Satuan Unit Reskrim Polresta Samarinda AKP Damus Asa saat Press Release Kamis (2/2/2020) sore di kantornya mengatakan, aksi pencurian tersebut dilakukan pelaku sejak jumat siang sebelumnya. Pelaku diperintahkan oleh pelaku lain berinisial I dan An, dengan memberikan DP kepada para pelaku sebesar 5 juta rupiah.

“Ya menurut keterangan mereka melakukan kegiatan ini mulai Jumat siang melakukan kegiatan pemotongan, diperintahkan oleh I dan An kemudian mereka menyepakati dengan jumlah uang yang ada, setelah menerima DP lima juta rupiah kemudian mereka memotong” kata damus

Sementara itu untuk pelaku An yang merupakan otak dari kejahatan ini masih dilakukan pengejaran oleh pihak kepolisian. Atas kejadian ini PT. Bintang Alam Rezeki diperkirakan  mengalami kerugian  sebesar Rp. 4 milyar.

Akibat perbuatannya keenam pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan paling lama 5 tahun penjara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00