Peduli Lingkungan, Polres Kubar Tanam 4000 Pohon

KBRN, Sendawar : Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggalakan penanaman pohon sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Tujuannya untuk mengurangi dampak banjir maupun tanah longsor yang kerap terjadi.

Pasalnya sejak akhir 2019 hingga awal tahun 2020 ini sejumlah daerah di Indonesia mengalami musibah banjir dan tanah longsor. Bahkan beberapa wilayah termasuk Ibu Kota Negara di Jakarta dan sekitarnya juga dihantui banjir berhari-hari. Kejadian tersebut menimbulkan beberapa dampak baik korban jiwa maupun kerugian materi hingga menjadi trauma bagi masyarakat terdampak.

Berkaca pada kejadian tersebut Kapolri Jendral Pilisi Idham Aziz membuat program ‘Polri Peduli Lingkungan’ yang juga sejalan dengan Hari Sejuta Pohon Sedunia, dengan memerintahkan seluruh jajarannya untuk menanam berbagai jenis pohon. Harapannya, populasi pohon akan semakin banyak sehingga dapat membantu meminimalisir terjadinya bencana banjir maupun tanah longsor.

Merealisasikan program tersebut, Kapolres Kutai Barat AKBP Roy Satya Putra S.IK M.H bersama seluruh jajarannya melakukan aksi tanam pohon di sekitar Mako dan Asrama Polres Kubar pada Jum’at (10/01/2020).

Kapolres menuturkan cuaca ekstrem masih akan berlanjut sampai bulan Februari sehingga semua harus waspada. Ia juga menyebutkan bahwa terjadinya bencana disebabkan karena gundulnya hutan dan lahan.

“Hari ini kita berkumpul untuk melakukan penanaman pohon sebagai bentuk sumbangsih kita terhadap alam. Akhir-akhir ini kita ketahui banyak sekali terjadi bencana alam  baik longsor maupun banjir. Cuaca ekstrim yang diprediksi akan berlangsung hingga februari tentu membuat kita harus waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi,” ucapnya.

“Berbagai kejadian dibeberapa daerah merupakan alarm bagi kita semua bahwa alam sudah benar-benar rusak, kita harus peka dengan kejadian tersebut. Maka sebagai bentuk kepedulian terhadap alam hari ini kita lakukan gerakan penanaman pohon disekitar Mako dan asrama. Kita mulai dari diri kita sendiri dan lingkungan kita, kemudian kita ajak seluruh masyarakat untuk sama-sama peduli terhadap alam” ujarnya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Polri tersebut turut disinergikan dengan berbagai pihak seperti Kodim, Dinas Lingkungan Hidup, dan juga tentunya masyarakat. Aksi peduli lingkungan ini diharapkan akan membuat masyarakat tergerak untuk bersama menjaga keseimbangan alam dan lingkungan.

Adapun luas area 5,4 hektare ditanami sekitar 4 ribu pohon dari berbagai jenis bibit.

“Dan kegiatan ini juga berlangsung diseluruh jajaran Polsek yang ada di Kutai barat dan Mahakam Ulu,” tutup Kapolres.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00