BNNK Samarinda Lakukan Tes Urine Kepada Personil Bandara APT Pranoto

KBRN, Samarinda : Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda gencar melakukan sejumlah aksi pemberantasan narkotika.

Pada moment masa libur natal dan tahun baru, BNNK Samarinda bersama Balai Kesehatan Penerbangan Kementrian Perhubungan RI, Kantor Otoritas Bandar Udara wilayah VII, dan UPBU Bandar Udara APT. Pranoto Samarinda melaksanakan tes urine kepada personel penerbangan.

Giat tersebut dilaksanakan pada Minggu (29/12/2019) kemarin, mulai pukul 06.00 Wita - 11.30 Wita di bandara APT Pranoto Samarinda.

Personel penerbangan yang dimaksud yakni awak kabin pesawat, termasuk diantaranya pramugari/a dan pilot.

"Ini bertujuan untuk menciptakan keamanan penerbangan, terutama jelang pergantian tahun. Kita ingin pastikan seluruh personel penerbangan di bandara APT Pranoto Samarinda bebas dari narkotika, karena hal ini berkaitan dengan keselamatan orang banyak," ungkap Kepala BNNK Samarinda, AKBP Siti Zaekhomsyah, Senin (30/12/2019).

Hasilnya, dari 38 personel penerbangan yang dilakukan tes urine, selurunya tidak bebas dari narkotika. Awak kabin pesawat yang dites urine diantaranya dari maskapai Susi Air, Express Air, Lion Air dan Garuda Indonesia.

"Dari hasil tes, urine mereka tidak mengandung zat narkotika," imbuhnya.

Tidak hanya melakukan tes urine, namun juga dilakukan pemeriksaan disejumlah sudut ruangan bandara, guna antisipasi adanya barang terlarang, terutama narkotika disembunyikan oleh pengedar.

Direncanakan, pihaknya akan melakukan tes urine kepada pelaku moda transportasi lainnya, seperti angkutan darat, dan air.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00