Antisipasi Aksi Radikal, Pengamanan Mako Polres dan Rumah Ibadah di Perketat

KBRN, Sendwar: Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), AKBP Irwan Yuli Prasetyo mengaku banyak menerima arahan dari Mabes Polri, mengingat aksi radikalisme yang mulai mengeliat akhir-akhir ini. Menyerang kelompok Agama tertentu, hingga ke-pihak Kepolisian Sendiri.

Arahan itu, kata Kapolres diantaranya, mengedepankan tim Intelejen untuk mengeliminir kelompok radikal tersebut, hingga melakukan pengamanan ketat baik di Mako Polres termasuk Rumah Ibadah mengingat saat memasuki hari raya paskah umat Katolik.

“Jadi yang dikedepankan itu, intelejen untuk bisa mengumpulkan data dan mengeliminir kelompok radikal tersebut. Kemudian, aksi selanjutnya kita akan memperkuat pengamanan di Gereja-gereja karena saat inikan memsuki kegiatan paskah, sesuai skala prioritas dimana gereja yang melaksanakan ibadah,”kata Kapolres AKBP Irwan Yuli Prasetyo kepada RRI di Sendawar, Sabtu (3/4/2021).

“Kemudian untuk di kantor polisinya, tentu kita maksimalkan pengamanan penguatan Mako untuk antisipasi. Karena memang sasaran yang sangat mudah tentunya kepolisian yang sering melakukan pengamanan terbuka terhadap masyarakat,”tambahnya

Salah satu bentuk pengamanan di Mako Polres Kubar, lanjut Kapolres AKBP. Iran Yuli Prasetyo, yakni melakukan pemeriksaan ketat di Pos penjagaan, hingga meningkatkan intensitas patroli di lapangan.

“Ya, pemeriksaan di Pos penjagaan tentunya kita perketat, dan Patroli yang biasanya berkeliling melakukan pengamanan, kita pertebal di Mako Polres Kubar,”lanjutnya

Menurut Kapolres, dari sisi pengamanan di Gereja, Polres Kubar menurunkan 126 personil bergabung dengan puluhan anggota TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat.

Melakukan kegiatan sterilisasi menggunakan alat metal detector sebelum ibadah, mulai dari dalam gedung gereja hingga terhadap umat yang akan mengikuti kegiatan ibadah. 

Kemudian, melakukan penjagaan dipintu gerbang dan pintu masuk gedung gereja, termasuk pengamanan lalulintas selama kegiatann ibadah berlangsung, mulai tanggal 2 April lalu, hingga 4 April 2021.

Atas kondisi itu, Kapolres AKBP Irwan Yuli Prasetyo, berharap kepada masyarakat agar tetap mawas diri dan senantiasa meningkatkan kewaspadaan, demi terjaganya keamanan dan kenyamanan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00