Tingkatkan Keamanan, Gereja Disterilisasi Sebelum Ibadah Kamis Putih

KBRN, Sendawar: Tim Gabungan, dari Polri, TNI dan Satpol PP Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melakukan sterilisasi rumah ibadah, sebelum perayaan Ibadah Kamis Putih, di Gereja Katolik Center ST. Thomas Aquinas, Barong Tongkok, Kamis (1/4/2020) sore, sekitar pukul 18.00 wita. 

Kasat Lantas Polres Kubar AKP. Alimuddin yang juga Kepala Pengamanan mengatakan, jumlah personil gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan tersebut sekitar 30 orang. 

Mulai dari kegiatan sterilisasi menggunakan Metal Detector diberbagai sudut ruangan, dan umat yang akan mengikuti ibadah, hingga pengamanan di sejumlah titik dalam kawasan gereja.

Kegiatan sterilisasi didampingi panitia Gerja Kantolik Center ST. Thomas Aquinas

"Ini memang prosedur tetap, yang setiap kegiatan pasti kita lakukan. Nah langkah pengamanan, kita awali dengan sterilisasi tempat-tempat mana saja yang kemungkinan menimbulkan kerawanan. Jadi ada titik pengamanan yang kita fokuskan, yaitu di pintu gerbang, kemudian pintu masuk gedung, dan di dalam gereja,"kata AKP. Alimuddin kepada RRI di Sendawar.

Menurutnya objek sasaran dalam kegiatan sterilisasi pengamanan rumah ibadah tersebut yakni, terhadap benda-benda yang dianggap mencurigakan. Guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama ibadah berlangsung.

Salah satu titik yang menjadi tempat sterilisasi di dalam ruang gereja

Untuk diketahui, Ibadah Kamis Putih ini merupakan rangkaian dari masa Tri hari Suci perayaan paskah umat Katolik diberbagai Negara termasuk di Indonesia, yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Setelah Ibadah Kamis Putih, Rangakian berikutnya dalam Tri suci Prayaan Paskah adalah Ibadah Jumat Agung dan Sabtu Suci. Namun, karena di masa pandemi, tidak semua umat dapat mengikuti ibadah di gereja, atau sebagian mengikuti ibadah di rumah secara virtual. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00