Pengamanan Gereja Diperketat Pada Hari Raya Paskah

KBRN, Sendawar: Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) akan melakukan pengamanan ketat di Gereja dalam rangka merayakan hari raya paskah tahun 2021 ini.

Kapolres Kutai Barat AKBP Irwan Yuli Prasetyo mengatakan, ada ratusan personil yang telah disiagakan untuk disebarkan dalam pengamanan ibadah pada tiap Gereja yang melaksanakan ibadah wafatnya Isya Almasih dan Hari Paskah, baik di wilayah Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu).

“Tentunya kita akan memperkuat pengamanan yang sudah kita datakan di Wilayah hukum polres Kubar, baik di Kutai Barat sendiri maupun Mahulu. Pengamanannya terpusat di Polres, nanti kita sprint dari polres, distribusi sesuai dengan kebutuhan gereja-gereja yang menyelenggarakan ibadah,”kata Kapolres AKBP Irwan Yuli Prasetyo kepada RRI di Sendawar, Senin (29/3/2021)

Personil yang akan dikerahkan nantinya, lanjut  AKBP Irwan Yuli Prasetyo, sebanyak 126 orang, ditambah perbantuan personil lainnya dari unsur TNI melalui unsur Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa.

“Kita baru memploting sekitar 126 personil yang akan kita terjunkan dalam pengamanan tersebut, dimana nanti kita tugaskan untuk melakukan sterilisasi di Gereja-gereja yang kira-kira menjadi skala prioritas dengan jamaatnya yang cukup banyak dengan melakukan sterilisasi dan melakukan pengamanan memperkuat di gereja tersebut,”lanjutnya.

Selin itu, tambah Kapolres, jajaran intel juga di siagakan untuk melakukan kegiatan antisipasi terhadap kelompok-kelompok atau organisasi penganut ajaran sesat dan bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Kita juga menggalakkan kepada unit intel, karena disini memang ada beberapa kelompok eks Gafatar dan eks Hizbut Tharir Indonesia (HTI). Sehingga kita juga melakukan deteksi dini kepada mereka, agar tidak melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendukung kegiatan yang radikal,”tambahnya

Menurut, Kapolres AKBP Irwan Yuli Prasetyo, pengamanan tersebut akan fokuskan selama perayaan ibadah wafatnya Isya Almasih dan Hari Paskah, mulai tanggal 2 hingga 4 April 2021 mendatang.

Maka itu, Kapolres mengimbau seluruh masyarakat, agar bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah. Disisi lain, juga tetap mengutamakan protokol kesehatan, khususnya bagi umat kristiani yang melaksanakan Ibadah di Gereja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00