Sengketa Informasi Di Kaltim Meningkat 100 Persen

KBRN, Samarinda : Sepanjang tahun 1019 Sengketa Informasi di Kalimantan Timur meningkat hampir 100 persen.

“Kalau bicara peningkatan memang di tahun 2019 cukup mengalami peningkatan biasanya kita memang setiap tahun dari periodisasi kami ya terutama saya itu biasanya tidak sampai 20 untuk 2019 ini mencapai hampir 40 sengketa yang masuk, ” Ungkap Ketua Komisi Informasi Provinsi Kaltim M Khaidir kepada RRI di Samarinda.Selasa.(4/2/2020).

Menurutnya, jika melihat rekapitulasi kasus tahun 2018 hanya belasan kasus namun tahun 2019 kasus yang masuk hampir 40. Melejitnya permohonan sengketa informasi yang masuk teranf Khaidir Selain meningkatkan pemahaman masyarakat atas keberadaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, Khaidir juga menyebut ada perhatian dan evaluasi dari warga untuk  lebih memantau kinerja badan publik baik pemerintah maupun pihak lainnya.

“kita melihat Sisi positifnya berarti masyarakat sudah mulai apa ya melihat bahwa saluran untuk bagaimana mendapatkan akses informasi itu itu sudah sangat sangat luar biasa,” Tandas Khaidir.

Kepada Warga Kalimantan Timur Ia berharap untuk tidak ragu memasukan permohonan jika ada sengketa Informasi atau ada badan publik yang menolak menyampaikan informasi kepada warga karena akam segera diproses.  Khaidir juga meminta warga untuk dapat mempelajari keberadaan UU KIP karena tidak semu informasi dapat dibuka untuk publik mengingat ada informasi yang dikecualikan atau tidak di buka depan umum secara terang-terangan. (etha)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00