KPID Kaltim Pastikan Akan Tindak Lembaga Penyiaran Tidak Ramah Anak

KBRN,Samarinda : Akbar Ciptanto, Ketua KPID atau Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Kalimantan Timur memastikan akan menindak tegas radio dan televisi yang dalam konten siarannya tidak ramah anak .

“jika sudah terjadi pelanggaran tentu ada pemanggilan, ada fokum klarifikasi, surat teguran , pemberhentian siaran hingga penutupan program acara”, kata Akbar saat dihubungi RRI hari ini (14/6/2021) via Telepon Seluler.

Menurutnya sampai dengan hari ini masih ada saja radio yang memutar lagu bernuansa seksualitas di jam aktif anak masih bisa mengarkan , selain itu ada pula televisi yang tidak melalukan blur terhadap tayangan kekerasan atau tidak layak untuk ditonton untuk anak sehingga Ia terus mengingatkan untuk semua radio dan tv di kaltim untuk dapat menyesuaikan dengan aturan .

“sejauh ini masih ada radio yang memutar lagi bernuansa seksualitas dan televisi yang tidak melakukan blur padahal jelas ini melanggar aturan sehingga kita akan teres ingatkan dan evaluasi”,ungkap Akbar.

Akbar ciptanto menjelaskan, regulasi penyiaran harus memperhatikan hak hidup dan tumbuh kembang anak, non diskriminasi anak, mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak serta memperhatikan partisipasi anak di Indonesia.

Peran media massa juga menurut Akbar sangat penting dalam menyebarluaskan informasi dengan materi edukasi yang bermanfaat agar memperhatikan kepentingan terbaik anak yang dapat dilihat dari aspek sosial, budaya, pendidikan, agama, dan kesehatan anak.(etha).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00