Oktober, Kaltim Tuan Rumah Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Tingkat Nasional

Kalak BPBD Kaltim HM Agus Hari Kesuma.jpg

KBRN, Samarinda : Untuk pertama kalinya Provinsi Kalimantan Timur bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang rencananya berlangsung pada bulan Oktober tahun ini.

Penjabat lama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur yang saat ini menempati posisi Kepala Dinas Perhubungan Yudha Pranoto mengakui  penunjukkan Kalimantan Timur sebagai lokasi PRB 2022 disampaikan langsung Deputi Pencegahan pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Prasinta Dewi bulan Juni lalu.

"Agenda nasional BNPB akan berlangsung di Kalimantan Timur, rencana bulan Oktober nanti. Seluruh Indonesia akan hadir tapi nanti itu yang lebih berwenang menjabarkan Kalak baru, Bapak Agus," ungkap Yudha ditemui RRI usai agenda Pisah Sambut di Kantor BPBD Jalan MT Haryono Selasa (16/08/2022).

Sementara Kepala Pelaksana BPBD yang baru Agus Hari Kesuma kepada RRI menyatakan dirinya bersama BPBD Balikpapan dan BPBD Penajam Paser Utara pada Kamis Besok akan melakukan rapat bersama dengan BNPB untuk mematangkan sejumlah persiapan.

Harmonis : Estafet Kalak BPBD Kaltim Berpindah dari Yudha Pranoto kepada AHK

Menurut Agus yang sebelumnya merupakan Kepala Dinas Sosial Kaltim  PRB 2022 berlangsung selama satu bulan penuh dan diisi dengan berbagai agenda seperti seminar kebencanaan, simulasi tanggap bencana, temu relawan dan pameran yang akan dipusatkan di Kota Balikpapan tepatnya di Balikpapan Sport Convention Centre (BSCC Dome).

"Acaranya ada seminar dan rangkaian lain yang sesuai dengan tema-tema kebencanaan. Kamis ini kami akan rapat di Balikpapan bersama Deputi Pencegahan BNPB," kata Agus kepada awak media di ruang kerjanya.

Peringatan Pengurangan Risiko Bencana menjadi agenda nasional yang secara rutin berlangsung setiap tahun sejak 2013 silam.

Peringatan Bulan PRB menjadi sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha maupun masyarakat agar menyadari pentingnya mitigasi dalam menciptakan ketangguhan nasional.

"Presiden Joko Widodo mengamanatkan pentingnya pengurangan risiko bencana melalui kegiatan pencegahan. Melalui bulan PRB menjadi wadah pertukaran informasi dan pembelajaran terkait aktivitas pengurangan risiko bencana," ungkapnya saat mengujungi Samarinda bulan Juni lalu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar