Lubang Tambang di Berau Banyak Menganga

KBRN, Samarinda : Pemerintah Kabupaten Berau terus mengimbau seluruh perusahaan tambang batu bara untuk segera menutup lubang pasca-tambang yang hingga kini masih terlihat menganga atau terbuka.

Wakil Bupati Berau Gamalis mengungkapkan selama dirinya menjabat sebagai orang nomor dua di Berau sekitar 1,5 tahun tak pernah ada aktivitas maupun kegiatan dari perusahaan batu bara yang melakukan reklamasi pasca tambang.

Hal ini menurutnya sangat disayangkan, karena dengan lubang tambang yang terbuka akan mengakibatkan pengaruh kerusakan lingkungan di Berau dan menjadi pemandangan tidak menyenangkan.

Gamalis mengingatkan seluruh perusahaan pemegang izin operasi untuk benar-benar menjaga lokasi pasca tambang dengan ketat.

“Selama saya jadi Wakil Bupati tidak ada yang pernag saya lihat melakukan reklamasi, apalagi vegetasi yang sebuah wadah dijadikan untuk menanam tumbuhan. Pokoknya tidak jelas lagi sudah warna lubang tambang itu, hijau, biru, hitam dan lain sebagainya lah,”ungkap Gamalis kepada RRI, Sabtu (2/7/2022).

Gamalis menjelaskan, perusahaan tambang punya kewajiban melakukan reklamasi lubang-lubang pasca tambang yang dilakukannya. Dari hasil evaluasi berkala dan rutin yang dilakukan pihaknya, masih terdapat lubang yang terlewatkan atau tidak tertutup sempurna. Meski demikian, hingga saat ini jumlahnya memang belum banyak, karena perusahaan pemegang izin masih banyak beroperasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar