Unit Siaga SAR Akan Dibentuk di IKN, Kakansar Kaltim : Personel dan Alut Kami Siapkan Disana

KBRN, BALIKPAPAN - Badan SAR Nasional (Basarnas) turut melakukan persiapan dalam mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Salah satunya yakni membentuk Unit SAR di wilayah IKN.

Kepala Basarnas Kaltim, Melkianus Kotta membenarkan bahwa sesuai rencana strategi dari pusat bahwa dalam mendukung pemindahan IKN, pihaknya akan menempatkan sejumlah personelnya di wilayah IKN. Basarnas Balikpapan yang merupakan Kantor Unit SAR terdekat akan membantu penanganan bencana di IKN.

“Intinya kesiapan kami baik dari sarana dan prasaran itu akan kami maksimalkan. Untuk tahun ini sendiri kami akan merencanakan Unit SAR di IKN yang akan ditempatkan personel dan alutnya disana,” katanya ditemui di Bandara VIP Balikpapan pada Kamis (30/6/2022).

Melki mengatakan pihaknya akan menempatkan sedikitnya enam personel di wilayah IKN. Tak hanya personel, perlengkapan atau Alat Utama (Alut) dari Unit SAR.

“Rencana itu dibackup dari Balikpapan itu kurang lebih enam orang serta alut darat dan alut laut ditempatkan disana. Untuk sementara kita unit dulu baru dibentuk pos. Rencana tahun ini sudah bisa berdiri sambil ini kami koordinasikan ke pusat,” jelasnya.

Ditanya soal kerawanan yang terjadi di wilayah IKN, Melki mengaku bahwa sejauh ini wilayah IKN tidak begitu rawan terhadap bencana alam seperti gempa bumi apalagi tsunami. Namun yang menjadi atensinya ialah musibah banjir di sekitar wilayah IKN. Sebab beberapa titik banjir masih terjadi di Kecamatan Sepaku tersebut. 

“Tapi ada beberapa kejadian-kejadian yang kami bisa kita lihat seperti bencana alam dan banjir itu kita harus hati-hati. Khususnya di Sepaku itu ada beberapa kejadian banjir, dan kami coba koordinasi dengan BPBD ternyata bisa diatasi. Dengan kejadian itu makanya kami akan bentuk satu unit disana,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar