FOKUS: #VAKSIN COVID

Kubar, Masih ada Masyarakat Yang Enggan Divaksin Karena Termakan Berita Bohong

KBRN, Sendawar: Terjadi kurun waktu dua tahun terakhir, namun masih saja ada oknum masyarakat yang sengaja menyebar informasi atau berita-berita bohong (Hoax) mengenai vaksinasi Covid-19, yang tentunya menghambat Pemerintah dalam upaya membentuk kekebalan kelompok menghadapi Pandemi Global tersebut.

“Kalau saya baca berita Kominfo itu ada ribuan berita hoax menyesatkan, yang menyebut vaksin ini mematikan lah, ada upaya pemerintah memberi suntikan mematikan kepada masyarakat, kemudian ada isu di Amerika itu 500 ribu orang meninggal karena vaksin,”kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kutai Barat (Kubar), Depit Manual kepada RRI di Sendawar, Rabu (19/1/2022).

Berita-berita tersebut menurut Depit Manual tidaklah benar, sebab vaksin yang diberikan Pemerintah sudah mendapat izin dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan dinyatakan aman.

“Ya ada juga isu-isu lokal seperti isu ibu hamil yang divaksin anaknya meninggal dalam kandungan, dan cerita itu dari mulut ke mulut menyebar dan itu juga ada yang percaya dengan isu seperti itu, padahal tidak benar. Tetapi menang informasi-informasi seperti ini, karena melalui medsos lebih cepat sehingga orang yang tidak tahu mudah percaya,”ungkapnya

Akibatnya tambah Depit, masih ada kelompok-kelompok tertentu yang enggan untuk divaksin karena ketidaktahuan mengenai informasi yang mereka terima. Sehingga hal ini tentu menjadi tantangan dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kutai Barat.

“Memang ada kelompok-kelompok tertentu yang ketita turun lapangan saat vaksin itu harus “gedor” rumah. Ya ini yang menjadi tugas kita bersama untuk menyadarkankan, karena ketidak tahuan atau ketersesatan informasi yang mereka terima, baik yang datang dari kelompoknya sendiri maupun dari luar yang mempengaruhi mereka enggan divaksin, sehingga ada tantangan seperti itu,”tambahnya

Maka itu, Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan isu-isu negatif mengenai vaksinasi Covid-19. Saring terlebih dahulu dan jika masih ragu bisa langsung berkonsultasi dengan pihak terkait seperti salah satuya ke-Fasilitas Kesehatan dalam Wilayah Masing-masing, guna mendapatkan informasi yang lebih jelas.

“Vaksin ini aman, baik kepada orang tua maupun anak-anak. Jadi di Dinas Kesehatan itu ada teman-teman Puskesmas juga, nah di 19 Puskesmas yang adi Kutai Barat ini kita ada tenaga penyuluh yang bekerja untuk memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat agar ikut serta menyukseskan program vaksinasi Covid-19 ini,”pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar