Kapolda Kaltim Pimpin Sertijab Direktur Polairud dan 6 Kapolres

Upacara Sertijab dan Pelantikan pejabat di lingkungan Polda Kaltim (6/7/2022). Foto. Humas Polda Kaltim

KBRN, Balikpapan : Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur menggelar acara serah terima jabatan dan pelantikan sejumlah pejabat Polri di Gedung Mahakam Polda Kaltim, Rabu (6/7/2022).

Upacara itu dipimpin langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs.Imam Sugianto.

Rotasi pejabat di lingkungan Polda Kaltim ini yakni satu pejabat utama dan 6 Kapolres serta pelantikan Jabatan Kasetum Polda Kaltim.

“Tadi telah dilaksanakan sertijab Pejabat Utama dan Kapolres di Polda Kaltim. Mutasi ini merupakan rotasi dalam penyegaran personil,” ujar Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo.

Pejabat utama dilantik adalah Direktur Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Kombes Pol Donny Adityawarman. Posisi itu sebelumnya dijabat oleh Tatar Nugroho.

Sedangkan 6 Kapolres yang beralih tugas, masing-masing Kapolres Bontang, Kapolres Kutai Kartanegara, Kapolres Berau, Kapolres Kutai Timur, Kapolres Kutai Barat, dan Kapolres Penajam Paser Utara.

Jabatan Kapolres Bontang sebelumnya diemban AKBP Hamam Wahyudi. Kini, alumni Akpol 2002 itu akan bertugas sebagai Kasubbaglekdikbangum Baglekdik Rodalpers SSDM Polri.

Sedangkan pejabat baru Kapolres Bontang yakni AKBP Yusep Dwi Prastiya. Sebelumnya alumni Akpol 2002 itu menjabat sebagai Kasat PJR Ditlantas Polda Kaltim.

Berikutnya, Kapolres Kutai Kartanegara yang sebelumnya ditugaskan kepada AKBP Arwin Amrih Wientama, kini beralih kepada AKBP Hari Rosena.

AKBP Arwin yang merupakan alumni Akpol 2002 akan mendapat tugas baru sebagai Kapolres Singkawang Polda Kalimantan Barat. Sedangkan AKBP Hari yang merupakan jebolan Akpol 2001, sebelumnya bertugas sebagai Kasubbidpaminal Bidpropam Polda Kaltim.

Ketiga, AKBP Anggoro Wicaksono, sebagai Kapolres Berau kini mendapat mandat baru sebagai Kapolres Kutai Timur.

Jabatan Kapolres Berau diisi oleh AKBP Sindhu Brahmarya. Lulusan Akpol 2000 tersebut sebelumnya bertugas sebagai Pamen Baintelkam Polri.

Perpindahan tugas AKBP Anggoro dari Kapolres Berau ke Kapolres Kutai Timur, membuat AKBP Welly Djatmoko, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kutai Timur, harus beralih tugas. Kini alumni Akpol 2002 itu akan bertugas sebagai Kabagdalpers RO SDM Polda Kaltim.

Baca Juga:

Kapolres Kubar AKBP Sonny Sirait Diganti Usai 6 Bulan Menjabat

Lalu, jabatan Kapolres Kutai Barat yang sebelumnya diamanahkan kepada AKBP Sonny Henrico Parsaulian Sirait, kini berpindah kepada AKBP Heri Rusyaman.

AKBP Heri Rusyaman merupakan jebolan Akpol 2003 dan sebelumnya menjabat Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda Kaltim.

Adapun AKBP Sonny Sirait diberi tugas baru sebagai Wadirsamapta Polda Sumut. 

Terakhir Kapolres Penajam Paser Utara yang diemban oleh AKBP Hendrik Hermawan akan dilanjutkan oleh AKBP Hendrik Eka Bahalwan.

AKBP Hendrik Hermawan akan bertugas sebagai Kabagbinops RO OPS Polda Kaltim. Sedangkan AKBP Hendrik Eka Bahalwan sebelumnya bertugas sebagai Kasubdit 2 Ditintelkam Polda Kaltim.

Kemudian, berdasarkan Surat Telegram Kapolda Kaltim Tanggal 27 Juni 2022 Tugas sebagai kepala sekretariat umum Polda Kaltim yang baru akan dijabat oleh AKBP Rovina Retno Sumartini Dewi. Rovina sebelumnya menjabat Advokat Madya 2 Bidkum Polda Kaltim.

Kapolda Kaltim menegaskan, penyegaran ini untuk menjadikan Polda Kaltim yang semakin PRESISI (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan) sesuai dengan semangat yang dibangun Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Kepada seluruh pejabat lama, keluarga besar Polda Kaltim mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian selama ini. Dan kepada seluruh pejabat yang baru bergabung di Polda Kaltim, selamat datang dan selamat bertugas," ucap Irjen Pol Drs.Imam Sugianto.

Sumber: Humas Polda Kaltim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar