Fakta Tentang Laut Indonesia

sumber foto : instagram//pro4rrisamarinda

KBRN, Samarinda : Tepat pada hari ini 02 Juli diperingati sebagai Hari Kelautan Nasional 2022. Letak geografis Indonesia menjadikannya sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi besar terhadap sumber daya laut. Tapi tahukah Anda, ada beberapa fakta menarik tentang laut kita.

Dikutip dari lautsehat.id, berikut beberapa fakta tentang laut Indonesia:

1. Indonesia sebagai Negara Maritim Terbesar di Dunia

Indonesia memiliki 17.499 pulau dengan panjang garis pantai 81.000 km dan luas perairannya terdiri dari laut teritorial, perairan kepulauan dan perairan pedalaman seluas 2,7 juta km atau 70% dari luas wilayah yang ada.

Penetapan Indonesia sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim tertuang pada United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982, yang disebut Prinsip Negara Kepulauan (Archipelagic State Principle).

2. Enam dari Tujuh Spesies Penyu di Dunia ada di Laut Indonesia

Sebagai wilayah yang menjadi rute migrasi penyu di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia, laut Indonesia memiliki 6 dari 7 spesies penyu yang ada di dunia. Jenis yang ada diantaranya, penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu belimbing (Dermochelis coriaceae), penyu pipih (Natator depressus), penyu tempayan (Caretta caretta), penyu sisik (Eretmochelys imbricata).

3. Indonesia Masuk dalam Kawasan Segitiga Karang Dunia

Segitiga terumbu karang atau Coral Triangle memiliki lebih 600 spesies terumbu karang, yang termasuk 75% semua spesies terumbu karang yang ada di dunia. Lebih dari 3.000 spesies ikan tinggal di Segitiga Terumbu Karang. Sehingga hal tersebut membuat Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman karang hidup dan biota laut yang tinggi.

4. Potensi Besar Laut Indonesia dalam Menyerap Karbon Dunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia yaitu 3,2 juta hektar meliputi 22.4% dari total luas hutan mangrove di dunia. Selain itu vegetasi pesisir (hutan mangrove, padang lamun, rawa payau, dan phytoplankton) dapat menyimpan sebanyak 77% lebih banyak karbon dibandingkan hutan.

Dengan demikian kita patut menyadari bahwa ekosistem laut Indonesia sangatlah penting untuk kita jaga dan lestarikan bersama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar