Cegah Stunting di Hari Keluarga Nasional 2022

KBRN, Samarinda : Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022 diperingati pada 29 Juni.  Dilansir dari tirto.id,  Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto menjelaskan bahwa momentum Harganas harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia.

Tema yang diangkat pada Hari Keluarga Nasional 2022 masih sama seperti tahun lalu, yaitu fokus pada penurunan stunting anak. Harganas menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting.

Diketahui, saat ini angka prevalensi stunting di Indonesia sebesar 24,4 persen (SSGBI 2021). Masih ada target besar untuk capai angka stunting 14 persen pada 2024. Karena itu menurut Deputi Agus, keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Melalui pencegahan sejak sebelum perkawinan, sampai 1000 hari fase kehidupan.

Melansir antaranews, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyambut Harganas dengan memperbanyak  jumlah Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di seluruh Indonesia.

Direktur Analisis Dampak Kependudukan BKKBN Faharudin menuturkan, jumlah Kampung KB yang sudah dibangun saat ini berjumlah 16.793 dengan tujuan  menurunkan angka prevalensi anak yang mengalami kekerdilan (stunting) di Indonesia yang kini mencapai 24.4 persen.

Hari Keluarga Nasional ke-29 dirayakan di Medan, Sumatera Utara, pada 7 Juli secara hybrid, yakni secara daring dan luring, dengan memberikan penghargaan kepada Kampung KB dengan program dan kegiatan terbaik di tingkat Nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar