DLH Kubar Tanam 1000 Pohon di Hutan Kota

KBRN, Sendawar : Dinas Lingkuangan Hidup (DLH) kabupaten Kutai Barat (Kubar) menanam ribuan pohon kayu di taman hutan kota Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, Jumat (24/6/2022).

Kepala DLH Kubar Ali Sadikin mengatakan, kegiatan penanaman 1000 pohon itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Lingkungan Hidup seduni tahun 2022.

“Peringatan hari lingkungan hidup ini kita fokus pada konservasi penanaman pohon. Maka kita tanam di hutan kota dengan luas 1,5 hektare karena luas total hutan kota ini 52 hektare. Dan hari ini kita sudah tanam 750 bibit,” kata Ali Sadikin di sela-sela penanaman pohon.

Adapun jenis kayu yang ditanam adalah tanaman pioner dan ekologis yang sesuai dengan kultur tanah di Kutai Barat.

“Jadi ada tanaman pioner dan tanaman lokal. Seperti trambesi, kapur, bengkirai dan ulin. Kemudian ada sungkai, kahoi dan beberapa jenis tanaman lokal,” ujarnya.

Ali mengaku pemerintah daerah memang fokus menanam tanaman lokal yang terancam punah, seperti kayu ulin dan bengkirai. Bahkan pemda sudah memfasilitasi pembangunan hutan adat atau hutan rakyat di setiap desa, minimal 2 ha per desa.

“Kita terus fokus pada konservasi karena kita harapkan kedepan Kutai Barat minimal memiliki 2 haktare hutan adat di setiap kampung. Nah ini sesuai arahan pak bupati dan Perda Kutai Barat tentang pelestarian hutan adat,” jelasnya.

Adapun peserta yang ikut menanam pohon ini tidak hanya dari DLH, melainkan semua organisasi perangkat daerah dan pejabat forkopimda Kubar.

Kemudian pihak swasta seperti beberapa perusahaan tambang batu bara juga ikut menyumbang bibit kayu.

“Silakan bagi masyarakat yang memiliki program konservasi boleh ikut menanam di hutan kota kita ini,” pungkas Ali Sadikin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar