Hari Penyu Sedunia 2022

Sumber Foto : Greenes.Co

Tepat pada hari ini setiap tanggal 23 Mei diperingati sebagai Hari Penyu Sedunia. Mengutip laman tirto.id, peringatan ini digagas dan di sponsori oleh Organisasi nirlaba American Tortoise Rescue (ATR).

Bulan Mei dipilih sebagai hari penyu karena pada bulan ini adalah waktu paling sibuk dalam siklus hidup penyu, hewan yang diperkirakan telah hidup di perairan lepas sejak 180 juta tahun lalu.

Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan semua orang tentang pentingnya melindungi semua spesies kura-kura dan penyu. Pasalnya, binatang penyu termasuk jenis fauna yang dilindungi karena langka dan terancam punah.

Hari Penyu Sedunia yang diperingati pertama kali 2000 ini digagas karena berkurangnya populasi penyu yang hidup di laut, bahkan beberapa jenis terancam punah.

Peringatan tahun ini mengambil tema ‘Shellebrate’, sekaligus merayakan hari jadi ke-22. Tema ini bertujuan untuk mendorong penonton di seluruh dunia untuk melihat penyu lebih dari sekedar hewan biasa.

Jutaan pecinta kura-kura dan penyu di berbagai penjuru dunia seperti Amerika, Kanada, Inggris, India dan Australia serta banyak negara lain akan melakukan perayaan dengan kegiatan pendidikan, penggalangan dana, berkumpul, melepaskan anak penyu ke laut, memakai kaos dengan tema penyu serta berbagai kegiatan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar