Banjir Sambut Kedatangan Kafilah MTQ Ke-43 Kaltim di Samarinda

Hujan Lebat Guyur Arena MTQ Kaltim di Samarinda.jpg

KBRN, Samarinda : Tuan Rumah Penyelenggara  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kota Samarinda pada Sabtu (21/05/2022) Siang atau dua hari jelang Malam Pembukaan diguyur hujan lebat.

Dari pantauan RRI, Halaman Parkir Gelanggang Olahraga (GOR) Segiri di kawasan Kusuma Bangsa tergenang sisa air hujan. Selain itu, panggung utama yang berdiri kokoh di arena depan GOR Segiri juga terlihat basah padahal dekorasi bernuansa hijau dan cream telah terpasang rapi.

Bus berukuran besar nampak parkir di sepanjang gerbang masuk arena utama salah satunya dari kontingen asal Kabupaten Kutai Kartanegara yang tahun ini mengirimkan tidak kurang dari 60 peserta yang siap bertanding.

"Total ada 60 peserta dari catatan kami yang mengikuti Training Center sebelum berangkat ke Samarinda. Kita harap bisa membawa hasil terbaik untuk mengharumkan Kukar," kata Sekda Kukar Sunggono.

Selama 4 tahun berturut-turut Kabupaten Kukar terus menyandang predikat sebagai Juara Umum  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

"Kita harap bisa membawa hasil terbaik untuk mengharumkan nama Kukar," tambahnya.

MTQ Tingkat Provinsi Kaltim  berlangsung mulai 21-29 Mei 2022. Kontingen Kukar bersama kafilah dari 9 wilayah lainnya, Hari ini memulai rangkaian MTQ 2022 dengan agenda penyambutan kedatangan peserta.  

"Proses selanjutnya adalah pendaftaran peserta dan esok harinya malam taaruf dan pelantikan dewan hakim di Odah Etam komplek Kantor Gubernur," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekkot Samarinda Ridwan Tassa.

Menurutnya, Pembukaan MTQ berlangsung pada Senin (23/05/2022) malam. Penampilan spektakuler diyakini Ridwan Tassa bakal memukau para kafilah se Kaltim yang hadir di arena utama GOR Segiri.

Jika biasanya, pembukaan MTQ hanya menyajikan defile kontingen dan pameran maka tahun ini Kota Samarinda secara khusus menggelar pawai taaruf kendaraan hias yang akan berkeliling kota Tepian.

“MTQ rencananya dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor pada Senin malam 23 Mei di arena utama depan GOR Segiri,” tambahnya.

Kejutan lain yang sudah dipersiapkan tuan rumah bagi peserta MTQ adalah penampilan tari massal 'Gema Iqra di Bumi Etam' oleh 150 siswa SMK Medika Samarinda. 

Tarian ini menggabungkan beberapa ragam tari dari beberapa daerah di Indonesia antara lain : tari Jepen dari Kutai, tari Mappadendang dari Sulsel, tari Rantak Minang dari Sumbar dan tari Pesisiran dari Jawa Tengah yang menyimbolkan kebhinekaan rakyat Kaltim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar