Daratan Tering Lama dan Tering Baru Kutai Barat Kembali Terendam Banjir

KBRN, Sendawar: Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kalimantan Timur pada, sabtu (21/5/2022), membuat sejumlah Kampung di wilayah tersebut dilanda banjir, salah satunya Kampung Tering lama dan Tering Baru Kecamatan Tering.

Agnes Telan (25) salah seorang warga mengatakan, Kampung Tering Lama seringkali dilanda banjir. Seperti yang terjadi sekarang akibat intensitas hujan yang cukup tinggi sejak sepekan terakhir.

Menurutnya Banjir melanda sejak kamis (19/5/2022) hingga sabtu pagi ini, dengan ketinggian genangan air sudah mencapai di kisaran 50-100 cm atau selutut hingga dada orang dewasa diatas badan jalan, hingga pukul 06.00 Wita

“Biar hujan cuma sebentar, tapi intensitasnya deras, kita yang tinggal di bantaran sungai Mahakam ini sudah pasti kena banjir. Apalagi kalau hujan begini biasanya dapat kiriman dari hulu sungai mahakam ditambah banjir kiriman bagian hulu Sungai Boh bisa-bisa banjir naik lagi,” Kata Telan kepada RRI Sendawar, Sabtu (21/5/2022) pagi.

Ketinggian air saat ini tambah telan, belum sampai batas yang menghkhawatirkan. Akan tapi, jika hujan terus mengguyur ketinggian air bisa bertambah.

“Memang sudah langganan sih. Sudah mulai terendam jalan dalam kampung. Kalau dari hulu sungai Mahakam airnya masih naik, ya pastilah beberapa hari ke depan banjir semakin dalam disini, karena kiriman air dari hulu,” Kata Devung (16) warga lainnya yang juga tinggal di Kampung Tering Lama tersebut

Untuk diketahui, sejumlah anak Sungai Mahakam yang juga meluap ikut menambah banjir besar Sungai mahakam di Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu) diantaranya Sungai Boh, Medang, Pariq, serta Sungai Kedang Pahu. Banjir di Kubar memang menjadi atensi bagi daerah yang ada di bagian hilir sungai, sehingga menghambat aktifitas masyarakat sekitar, salah satunya Warga Tering Lama Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar