Hari Kebangkitan Nasional 2022 "Ayo Bangkit Bersama"

KBRN, Samarinda :  Pada 20 Mei 1948, Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Bodi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Perkumpulan Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

Kini 114 tahun kemudian dan dua tahun pasca pandemi, seperti dilansir dari laman Kominfo, peringatan  Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) mengusung bahwa tema  “Ayo Bangkit Bersama". Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah berdampak di segala sendi kehidupan.

Demikian dengan logo Kebangkitan Nasional tahun ini, melambangkan semangat yang berkobar,kedamaian serta awal yang baru.

Selain logo dan tema, Kominfo juga menerbitkan pedoman peringatan Harkitnas 2022, yaitu :

Upacara Bendera secara Hybrid. Upacara bendera memperingati 114 Tahun Kebangkitan Nasional tahun 2022 dilaksanakan secara serentak dan terbatas pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022 oleh Kantor/Lembaga/Instansi Pemerintah pada daerah-daerah dengan status penularan Covid-19 yang sudah terkendali, upacara dilaksanakan secara Hybrid dengan peserta yang hadir secara fisik sangat dibatasi serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Yogyakarta, yaitu makam DR. Wahidin Soediro Hoesodo dan di Surabaya ke Makam DR. Soetomo usai upacara bendera.

Publikasi dan Dokumentasi dilakukan melalui televisi radio dan Media sosial masing-masing Kementerian/Lembaga/Pemda

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar