Dewan Beberkan Dugaan Tambang Ilegal Picu Amblasnya Jalan Marangkayu-Muara Badak

Amblasnya Jalan Muara Badak-Marang Kayu.jpg

KBRN, Samarinda : Akses jalan poros Marangkayu menuju Muara Badak di Kabupaten Kutai Kartanegara Minggu (16/01/2022) memasuki waktu Shubuh sekitar pukul 05.00 Wita  mengalami longsor. Titik lokasi longsor persisnya berada di perbatasan Desa Sebuntal, Bunga Putih, Kecamatan Marangkayu dan wilayah Muara Badak.

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun dalam dialog RRI Samarinda Senin (17/01/2022) Pagi mengatakan berdasarkan informasi dari  warga setempat, akhir-akhir ini aktivitas pertambangan batubara yang kian tinggi disinyalir memicu amblesnya gorong-gorong yang berada di sisi tengah jalan.

Politisi PDI Perjuangan tersebut dengan nada yakin menyebut hilir mudik truk pengangkat batubara tersebut jelas tidak berizin alias ilegal. Indikasi yang memperkuat dugaan ini adalah truk tersebut melewati jalan umum bukan jalan khusus tambang atau hauling.

Sementara Asisten Perekonomian dan Administrasi Setda Prov Kaltim Abu Helmi dalam Rapat Paripurna ke 4 DPRD Kaltim Senin (17/01/2022) Siang mengakui kelas jalan di wilayah Kaltim tidak sesuai untuk kendaraan pengangkut batubara dan sawit sehingga mengakibatkan kerusakan jalan umum.

"Tekanan yang terlalu berat ini membuat jalan-jalan yang ada di Kaltim mengalami kerusakan akibat tonase kendaraan yang lewat melebihi kelas jalan," ungkapnya dihadapan 34 anggota Dewan Karang Paci- sebutan untuk DPRD Kaltim.

Sementara menunggu akses jalan tersebut diperbaiki, Kepolisian setempat mengambil upaya melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus kendaraan yakni untuk kendaraan dari wilayah Muara Badak, dianjurkan untuk melewati akses luar menuju poros Samarinda-Bontang.

Pengalihan juga terjadi di Kecamatan Marangkayu tepatnya di lintasan pertigaan menuju poros Bontang Samarinda.

Hingga  Senin Pagi ini, Pemerintah Kecamatan bersama warga Desa setempat tengah membuat jembatan darurat untuk akses masyarakat. Pemerintah Desa setempat menghimbau agar kendaraan roda empat atau lebih, sebaiknya tidak melewati akses jalan Bontang Lestari, Marangkayu, hingga Muara Badak karena masih dalam penanganan pihak berwenang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar