Ketahui Makna Fenomena Awan Arcus Yang Terlihat di Langit Samarinda Hari Ini

Fenomena Awan Arcus

KBRN, Samarinda – Pagi ini, Rabu 8/12/2021 fenomena awan arcus selimuti langit Samarinda, warganet ramai berkomentar tentang fenomena yang disebut juga awan tsunami karena bentuknya yang menyerupai gelombang tsunami. Sebagian besar warganet menanyakan tentang pertanda apakah awan arcus yang terlihat di langit kota Tepian.

Dilansir dari Kompas.com, fenomena awan arcus adalah bagian dari awan kumolonimbus yang bisa mengakibatkan angin kencang, hujan lebat, petir, angin puting beliung, atau hujan es. Awan ini muncul seperti bentuk ombak yang bergulung sehingga dikenal juga dengan sebutan awan roll. Awan ini biasanya berada di langit yang rendah dan hanya terjadi pada satu level. Awan ini mungkin terlihat menumpuk dengan awan yang berbeda di atas atau di bawahnya, namun bukan sesama awan arcus.

Sementara itu dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena awan arcus adalah fenomena yang normal terjadi walaupun jarang. Fenomena awan arcus terjadi akibat ketidakstabilan atmosfer sepanjang pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan massa udara yang lebih hangat dan lembap. Kejadian tersebut tidak hanya menyebabkan terbentuknya awan arcus, namun juga menyebabkan terjadinya angin laut dalam skala yang lebih luas. Perlu diingat bahwa awan arcus tidak berkaitan dengan potensi gempa bumi atau tsunami.

Awan ini umumnya tidak berbahaya. Tidak ada hal khusus yang harus dilakukan jika fenomena awan arcus terjadi di tempat Anda.

Namun, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) merekomendasikan Anda segera masuk ke dalam ruangan dan jangan berada di laur ruangan. Rekomendasi tersebut diberikan karena awan ini berpotensi membawa cuaca seperti angin kencang, petir, hujan deras, hingga hujan es. (RzAs)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar