Hari Perhubungan Nasional 2021

Menteri Perhubungan saat peringatan Hari Perhubungan Nasional 2021

KBRN, Samarinda: Kementerian Perhubungan dahulu bernama Departemen Perhubungan. Pada masa itu, Departemen Perhubungan dipimpin oleh Ir. Abdulkarim dan mengurusi masalah perhubungan. 

Titik berat yang menjadi perhatian Departemen Perhubungan pada era 1945-1949 adalah perhubungan darat karena di antara beberapa sektor perhubungan seperti laut maupun udara belum bisa menjadi sarana optimal.

Dilansir tirto, berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 153 tanggal 10Juli 1959, Soekarno kemudian membentuk kabinet baru yang dikenal dengan sebutan Kabinet Kerja I. Dalam Kabinet Kerja I ini terjadi perubahan dalam struktur pemerintahan negara. Istilah Departemen Perhubungan tidak lagi digunakan dan sebagai gantinya dikenal dengan sebutan Kementrian Distribusi.

Hingga pada Tahun 1971, pemerintah menyatukan hari jadi atau hari bakti BUMN yang terkait dengan sektor perhubungan. Sejak itulah, Harhubnas diperingati setiap tanggal 17 September. Hari Perhubungan Nasional yaitu diawali dengan Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan Nasional.

Tahun 2021 ini, Hari Perhubungan Nasional mengangkat tema “Bergerak, Harmonikan Indonesia”.

Dilansir Kemenhub, tema ini mengajak semua insan perhubungan untuk berkolaborasi membawa perubahan lebih baik bagi sektor transportasi dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00