Untuk Keserasian Administrasi, Pemda Mahulu Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis

Bimtek Arsip Dinamis OPD Mahulu.png

KBRN, Mahulu : Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis untuk seluruh OPD setempat, yang bertujuan untuk keserasian administrasi dan manajemen instansi pemerintahan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Mahakam Ulu menyampaikan bahwa arsip merupakan informasi yang sangat penting bagi kelancaran jalannya instansi, terutama dalam mendukung kelancaran administrasi dan manajemen suatu instansi.

"Sebagai sumber informasi sejarah, pusat ingatan, dan bukti acuan serta barang bukti bagi suatu instansi jika terjadi gugatan atau permasalahan hukum," ujar Wabup, Kamis (26/5/2022).

Dikatakan untuk terselenggaranya pemerintahan yang baik atau good governance, tidak terlepas dari peran kearsipan yang baik pula. Dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, hal itu berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Melalui bimtek ini, diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya waktu dengan menerima ilmu yang akan diberikan oleh para narasumber.

"Saya berharap para peserta mengetahui dan paham mengenai pengelolaan arsip dinamis serta dapat memberikan kontribusi nyata bagi organisasi perangkat daerahnya masing-masing," jelasnya.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 disebutkan bahwa arsip dinamis adalaharsip yang digunakan secara langsung dalam pencipta arsip dan disimpan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip (JRA).

"Meski demikian, arsip tidak hanya kertas saja, bisa juga berbentuk file digital. Sehingga jika tidak ditemukan, maka masih ada yang bisa kita lihat. Ini merupakan perkembangan kemajuan teknologi," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar