Persiapan Pembentukan Polres Di Perbatasan, Pemda Mahulu Bangun Makopolres

Makopolres Mahulu

KBRN, Mahulu : Upaya mempercepat kehadiran Polres di Kawasan Perbatasan Mahakam Ulu telah dilakukan. Salah satunya dengan menghibahkan lahan seluas tujuh hektar untuk pembangunan Markas Komando (Mako) Polres Mahulu pada tahun 2019 lalu.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Stephanus Madang.  menyampaikan bahwa kegiatan  ini sangat penting sebagai upaya memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten mendukung penuh pembentukan Polres. Dirharapkan hasil dari rakor ini bisa membuahkan hasil yang bisa segera ditindaklanjuti.

“Dengan adanya Polres, pembangunan di Mahulu akan semakin maju, aman, damai dan kondusif,” ujar Madang, Selasa (24/5/20220).

Hingga kini Pemkab dan Polri terus berupaya merealisasikan rencana yang masuk ke dalam program yang masuk prioritas Kapolri tersebut. Sebelumnya telah dilaksanakan rapat koordinasi percepatan pembentukan Polres di Mahulu, yang dihadiri para pejabat terkait di lingkungan Pemkab Mahulu, DPRD Mahulu, Polres Kutai Barat dan unsur TNI.

“Dengan dukungan hibah lahan, pembangunan Makpolres serta kebijakan lainnya, Pemkab Mahulu akan berupaya melobi pemerintah pusat agar rencana pembentukan Polres di Mahulu segera dilaksanakan. Rencananya dalam waktu dekat, Pemkab Mahulu akan bertandang ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenPAN-RB),” jelas Sekda.

Anggota Komisi III Petrus Higang menyebut, DPRD Mahulu juga memberikan dukungan atas rencana pembentukan Polres sebagai mitra pemerintah. Terlebih dalam fungsi pengayom dan pelindung serta memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Adanya Polres di Mahulu akan dapat menekan maraknya peredaran narkoba dewasa ini,” ungkap Higang. 

Proses pembangunan yang semakin cepat di masa yang akan datang, turut menjadi tantangan tersendiri di sektor keamanan dan ketertiban masyarakat. Terlebih dengan menjadi daerah penyangga IKN, seta berbatasan langsung dengan negeri tetangga Malaysia Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar