Lokasi IKN Dan Kaltim Fokus Pemerintah

KBRN,Samarinda : Pembahasan mengenai tata kelola Ibu Kota Negara (IKN) baru terus berlanjut.

Ketua DPRD Provinsi Kaltim Makmur HAPK meminta agar pemerintah tidak hanya fokus membangun kawasan di sekitar IKN tapi juga di Kaltim secara keseluruhan.

“saya kira pemerintah tidak hanya focus membangun di kawasan IKN tetapi juga Kaltim secara keseluruhan”,kata Makmur HAPK saat dihubungi RRI via telepon Minggu _23/1/2022).

Meski mendukung penuh perpindahan ini namun Makmur berharap Pemerintah dapat memperhatikan Kaltim sebagai daerah penyangga dengan meningkatkan sarana infrastruktur di Benua Etam .

Lebih Lanjut Ketua DPRD Kaltim  berharap perpindahan IKN ke Kaltim mampu membawa kesejahteraan baru bagi masyarakat lokal di sekitarnya tanpa harus meninggalkan kearifan lokal.

“IKN di Kaltim tentu juga kita harapkan dapat membawa kesejahteraan warga dengan budayanya”,tegas Makmur.

Seperti diketahui Ibu kota negara baru akan berlokasi di antara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Wilayah pengelolaan ibu kota baru nantinya akan memiliki luas 256.142 hektar, yang terbagi atas dua kawasan.

Kawasan IKN seluas 56.180 hektar dan kawasan pengembangan IKN seluas 199,962 hektar.Adapun kawasan inti yang merupakan pusat pemerintahan direncanakan memiliki luas 6.000 hektar dan Pemerintah berencana memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur pada tahun 2024. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar