Menteri PPN Mengumumkan Nama Ibu Kota Baru, Nusantara

Ibu Kota Baru

Ibu kota baru di Kalimantan Timur akhirnya memilih nama Nusantara. Hal ini di ungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa yang mengumumkan bahwa nama Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur adalah Nusantara sesuai yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Suharso dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, "Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah lagsung dari Bapak Presiden  dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," kata Suharso.

Dikutip dari kompas.com, terkait alasan kenapa nama Nusantara yang dipilih, Suharso mengatakan, nama Nusantara dipilih karena telah dikenal oleh masyarakat luas sejak dahulu, baik domestik maupun global sehingga menjadi ikon bagi Indonesia.Tidak hanya itu, kata Suharso, pemilihan nama Nusantara juga karena mampu menggambarkan kenusantaraan atau keberagaman Republik Indonesia

Sementara, regulasi informasi Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) ditargetkan selesai pada Januari 2022. Pemerintah juga mulai memetakan sejumlah kementerian dan lembaga yang akan pertama kali berkantor di wilayah yang masuk dalam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu. 

Presiden Joko Widodo mengatakan, pembangunan IKN bukan hanya sekedar memindahkan perkantoran. Menurut dia, IKN dibangun sebagai kota baru yang kompetitif di tingkat global.

Pembangunan IKN juga mengadaptasi konsep zero emisi. Selain itu, IKN juga menyediakan pelayanan keamanan dan kesehatan serta pendidikan berkelas dunia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar