PPKM Level 3 Batal, Perjalanan Wisata Periode Libur Natal & Tahun Baru Diperbolehkan

Bandara Sams Sepinggan Balikpapan

KBRN, Samarinda - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pemerintah akan mengganti istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dengan peraturan khusus kegiatan berkaitan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dengan tidak adanya PPKM level 3 warga diperbolehkan melakukan perjalanan dalam periode libur Nataru. Pelaku perjalanan jarak jauh wajib menunjukan hasil tes antigen negatif Covid 19. Sampel diambil 1x24 jam sebelum keberangkatan. Orang yang tidak bisa menerima vaksinasi karena alasan medis tidak diizinkan bepergian jauh. Sementara itu, anak-anak boleh ikut dalam perjalanan jarak jauh dengan syarat PCR 3x24 jam untuk perjalanan udara. Tes antigen juga berlaku 1x24 jam bagi anak-anak yang ikut perjalanan darat atau laut.

Dikutip dari Weekly Press Briefing, Senin 6/12/2021 Sandiaga Uno mengatakan “Jadi, tidak ada level 3, ini penting dilakukan karena akan merusak tatanan level 1 dan 2 yang sudah dilakukan. Jadi akan ada aturan Naratu khusus. Untuk perjalanan selama periode Nataru 2022, bisa dilakukan bila sudah divaksinasi lengkap dan ikut testing dan tracing. Yang belum divaksin tidak boleh melakukan perjalanan.”

Kemenparekraf juga mengeluarkan surat edaran tentang aktivitas usaha dan destinasi pariwisata pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, sesuai arahan Presiden dan situasi terkini berkaitan Omicron. Surat edaran itu merupakan panduan dari Kemenparekraf. Selama periode liburan Nataru, pemerintah menyatakan takkan ada penyekatan, tetapi hanya pembatasan

Salah satu panduan yang terdapat pada edaran adalah larangan penyelenggaraan perayaan besar yang melibatkan lebih dari 50 orang dan kapasitas mal dan juga restoran yang dibatasi 75 persen. (RzAs)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar