Kian Terbuka, Pemprov Kaltim Raih Peringkat 7 Nasional Sebagai Provinsi Informatif

KBRN, Samarinda : Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional tahun 2021 sebagai Provinsi Informatif dengan menduduki peringkat 7. 

Peringkat ini naik dari tahun sebelumnya dimana Pemprov Kaltim meraih peringkat 8. Hal tersebut diumumkan saat  Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang diserahkan secara virtual oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof DR KH Ma'aruf Amin, Selasa (26/10/2021) Siang.

"Kita bersyukur naik satu tingkat dari (posisi) delapan ke tujuh (secara nasional) dan berkat kerja keras seluruh perangkat daerah dalam melaksanakan keterbukaan informasi," kata Isran Noor bangga setelah menghadiri anugerah tersebut. 

Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik pada 7 kategori Badan Publik yakni Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Lembaga Non-Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik. Untuk kategori Pemerintah Provinsi  ada 10 Badan Publik (BP)  yang mendapat kualifikasi Informatif, 11 BP Menuju Informatif, 10 BP Cukup informatif dan 3 BP tidak informatif. 

"Alhamdulillah, Kalimantan Timur bisa mempertahankan kualifikasi informatif dan naik 1 peringkat, hal tersebut menunjukkan semakin optimalnya kinerja Pemerintah Provinsi Kaltim dalam upaya menjalankan amanat UU Keterbukaan Informasi Publik," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur yang juga sebagai Ketua PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal. 

Lebih lanjut dijelaskan Faisal dengan adanya anugerah ini tidak menjadikan Pemprov Kaltim berpuas diri tetapi justru menjadikan keterbukaan informasi sebagai suatu budaya kerja untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, efektif, dan efisien. 

"Lebih dari itu, Kita harus menggelorakan budaya keterbukaan informasi publik ini melalui PPID di seluruh OPD dan instansi terkait lain di Kalimantan Timur," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00