Pendaftaran Ormas di Kaltim, Kini Cukup Lewat Aplikasi SIPPOK

Sufian Agus Saat Memberikan Arahan
Coffe Morning dihadiri Perwakilan 25 Ormas di Kaltim

KBRN, Samarinda : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Timur mencatat setidaknya terdapat 1.000 lebih organisasi kemasyarakatan atau ormas yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota.

Namun sangat disayangkan, tidak semua ormas tersebut aktif, baik secara organisasi berkegiatan maupun pelaporan administratif ke Badan Kesbangpol masing-masing daerah.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kaltim Sufian Agus disela acara 'Coffe Morning Bersama Ormas' yang berlangsung di Samarinda Kamis (21/10/2021) Siang mengakui pihaknya cukup kesulitan melakukan verifikasi ulang. Dalam beberapa kasus, Kesbangpol menemui adanya ormas yang sudah tidak berkantor sesuai alamat terdaftar. 

"Ada juga pengurus yang berpindah keanggotaan bahkan membentuk ormas baru," kata Sufian Agus kepada Radio Republik Indonesia.

Untuk itu, Badan Kesbangpol Kaltim pada tahun ini membuat terobosan yang memudahkan ormas untuk melakukan pendaftaran tanpa harus datang ke Kantor Kesbangpol secara langsung. Terhitung sejak 30 September lalu, Badan Kesbangpol Provinsi resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran dan Pendataan Organisasi Kemasyarakatan (SIPPOK) Kaltim.

"Harapannya aplikasi ini sekaligus jadi langkah pendataan keberadaan ormas yang selama ini masih terdaftar secara manual di masing-masing Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota. Bahkan ada juga yang ngga melaporkan organisasinya ke Kita (Pemerintah)," sebutnya.

Dalam waktu dekat Badan Kesbangpol Kaltim menurut Sufian Agus akan mengundang Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota untuk memberikan bimbingan teknis terkait aplikasi dengan harapan Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota dapat memberikan penjelasan dan pendampingan kepada pengurus ormas di daerah saat memasukkan data ke aplikasi.

"Keberadaan aplikasi ini Saya rasa mempermudah ormas terutama yang ada di wilayah jauh dari Ibukota, seperti Mahulu, di Paser, Berau, ngga perlu lagi jauh-jauh ke Samarinda," Ia melanjutkan.

Untuk itu, Mantan Sekretaris Bappeda Provinsi Kaltim ini mengundang kepada seluruh Ormas untuk aktif memanfaatkan keberadaan aplikasi SIPPOK Kaltim terutama dalam melakukan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang menjadi syarat bagi ormas dalam melakukan pengajuan dana hibah kepada Pemerintah.

"Silahkan bisa langsung mengakses di alamat website sippok.kesbangpolkaltim.info/login.php," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00