Berikan Kemudahan PPDB secara Offline, SMK Negeri 3 Samarinda bertekad Cetak Golden Generation

KBRN, Samarinda : PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru 2022 SMK kota Samarinda jalur reguler telah dibuka sejak tanggal 27 sampai dengan 30 Juni 2022.

Proses pendaftaran PPDB 2022 SMK di kota Samarinda dilakukan secara online melalui tautan daring cabdinsamarinda.siap-ppdb.com satu pintu secara serempak.

Untuk memudahkan calon peserta didik yang akan melakukan pendaftaran, selain jalur online, SMK Negeri 3 Samarinda  memberikan kemudahan dengan membuka jalur offline.

Ditemui RRI ketua panitia pelaksana PPDB SMK Negeri 3 Samarinda yang juga Wakil ketua kesiswaan, Mariati. A. S.Pd mengatakan untuk PPDB di SMKN 3 dilaksanakan dengan dua pilihan yaitu secara online dan offline, agar memudahkan orangtua dan calon siswa  saat mendaftar.

" Tujuan di bukanya pendaftaran secara offline ini untuk memudahkan  masyarakat ketika mendaftar, karena tidak semua orangtua calon siswa yang mengerti mendaftar secara online”. ungkap Mariati.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Samarinda Adi Jubhar S.Pd mengatakan, pada pelaksanaan PPDB Online Tahun ini masih terdapat kendala yang dihadapi dan cukup mempengaruhi sistem kerja, seperti data-data sekolah yang belum diperbaharui.

" Masih banyak kendala memang yang dihadapi tahun ini dan cukup berpengaruh terhadap sistim kerja, seperti misalnya alamat sekolah yang masih belum berubah serta masih banyak orang tua yang belum mengerti cara mendaftar secara online ". Kata Adi Jubhar

Adi Jubhar mengusulkan kedepan saat pelaksanaan PPDB Online, dalam web bisa menampilkan demo secara realtime tentang tata cara pelaksanaan pendaftaran agar orang tua calon siswa bisa dengan mudah mengikuti tahapan pelaksanaannya. Selain itu  untuk kelengkapan berkas yang di upload seperti akta kelahiran dan kartu keluarga sebaiknya  tidak perlu di upload di system PPDB Online karena merupakan  data pribadi.

Sementara itu untuk meningkatkan kualitas dari Siswa siswi SMKN 3 Samarinda, dirinya berharap ada penguatan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Saat ini sekolah yang dipimpinnya sudah menjalin MOU dengan salah satu hotel berbintang di Bali, agar siswa siswinya bisa dikirim untuk praktek kerja industri diluar kota Samarinda dengan tujuan agar Alumni SMK Negeri 3 Samarinda mampu bersaing di kancah Nasional bahkan Global serta  memiliki skill yang siap pakai sehingga mampu menghadapi serta mendukung dunia Industri pariwisata sebagai bagian dari Golden Generation.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar