Dari Ulin Hingga Meranti, Program Penghijauan Lapangan Migas di Kecamatan Muara Jawa Kukar

Penghijauan Pilih Tanam Bibit Lokal

KBRN, Muara Jawa : Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengapresiasi komitmen PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) dalam merealisasikan program penghijauan di wilayah operasinya.

Camat Muara Jawa, Safruddin  menyatakan melalui 'Program Penanaman Vegetasi Lokal' maka PHSS secara aktif mendukung Visi Kutai Kartanegara Idaman yakni meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.

"Pemerintah tentu mengharapkan keberadaan perusahaan dapat memberikan nilai manfaat kepada masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah beroperasinya perusahaan itu sendiri. Semoga program yang baik ini menggugah perusahaan lainnya untuk membuat program yang tujuannya sama," harap Camat Safruddin, Minggu (16/01/2022).

Sepanjang tahun 2021, PT Pertamina Hulu Sanga Sanga tercatat melakukan program penanaman dengan memilih bibit unggul khas daerah di empat lokasi berbeda.

Manager PHSS Field, Ade Diar Suhendar yang membuka secara resmi kegiatan  menyampaikan perusahaan akan selalu melaksanakan operasi migas yang selamat, efektif, efisien dan ramah lingkungan.

“PHSS berkomitmen melestarikan lingkungan di sekitar wilayah operasi melalui program pengelolaan lingkungan serta program CSR yang secara aktif melibatkan masyarakat setempat,” ujar Ade.

Ade menyebut program penanaman vegetasi lokal telah terlaksana di salah satu lokasi bekas CBM (coal-bed methane) area Pamaguan Plant di Lapangan Mutiara, Kecamatan Muara Jawa pada Rabu (29/12/2021). 

Kegiatan penanaman pohon di Lapangan Mutiara ini menutup rangkaian penanaman pohon bayur, mahoni, pulai dan ulin yang telah dilaksanakan di 3 lapangan PHSS lainnya.

Sebelumnya PHSS telah melakukan penanaman 75 pohon di area bekas sumur 270 bersama Kelompok Sekolah Sepakbola Badak (SSB) CAN Muara Badak (21/12/21), penanaman 90 pohon di area Samberah bersama kelompok Karang Taruna Karya Tanjung dari Desa Tanjung Limau (23/12/21), dan penanaman 100 bibit di area Satelit 2 (mini plant) yang melibatkan warga dari Persatuan Pemuda Muara Badak (PPMB) (27/12/21).

"Kita menggandeng mitra binaan Kelompok Tani Mandiri Raya dam kegiatan penanaman vegetasi lokal, adabibit pohon ulin, meranti, kapur, trembesi, puspa dan jabon ditanam pada area seluas 8.000 m2 di dekat Pamaguan Plant, Lapangan Mutiara," ungkapnya lagi.

Ade Diar menambahkan pada tahun 2021, ke empat lapangan PHSS berhasil memperoleh PROPER Hijau 2020 – 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja lingkungan sehingga dapat berpeluang meraih kategori Emas di tahun 2022," harapnya.

Pertamina Hulu Sangasanga merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia yang tergabung dalam Pertamina Subholding Upstream Regional 3 Zona 9 memiliki wilayah kerja seluas 1.942km² terbagi menjadi 7 lapangan migas on-shore, yakni Semberah, Badak, Lampake, Nilam, Pamaguan, Mutiara, dan Beras. (Marga) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar