Kampung Tanjung Soke Dialiri Listrik PLTS Akhir Tahun Ini

KBRN, Sendawar: Perlahan tapi pasti, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) terus berupaya menjalin komunikasi dengan pihak terkait untuk mewujudkan keinginan masyarakat agar dapat menikmati penerangan listrik 24 Jam.

Sejumlah kampung yang sebelumnya hanya menikmati listrik 6-12 Jam, kini sudah menikmati lsitrik 24 Jam selama dua Periode kepemimpinan Bupati FX Yapan dan Wakil Bupati Edyanto Arkan.

Bahkan diakhir tahun ini, giliran warga Kampung Tanjung Soke, Kecamatan Bongan dipastikan mendapat giliran, melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bantuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang saat ini sudah dalam tahap finishing.

“Pemasarannya sudah mulai dari beberapa bulan yang lalu dan akan selesai pada tanggal 17 Desember 2021 ini. Kemudian tanggal 20 Desember 2021 kita lakukan pengecekan di lapangan bersama Pemerintah Provinsi,”kata Kepala Kasubag Energi dan Sumber Daya Alam Setdakab Kubar, Roni Alex Gores kepada RRI di Sendawar, Kamis (8/12/2021)

Warga kampung Tanjug Soke, lanjut Roni memang diketahui kesulitan mendapatkan aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) karena terkendala kondisi geografis. Meskipun saat ini, aliran listrik di Kecamatan Bongan sudah bisa berfungsi 24 jam dibeberapa kampung lainnya.

“Kepana Tnjung Soke ini dapat bantuan?, karena jaringan PLN sampai saat ini belum bisa masuk ke-sana karena kondisi jalan yang tidak mendukung,”lanjutnya

Pengajuan PLTS ini tambah Roni berasal dari kampung, kemudian disampaikan kepada pemerintah daerah. Selanjutnya disampaikan kepada pemerintah provinsi sehingga bisa terealisasi pada tahun 2021 ini, sebagaimana pengajuan sebelumnya oleh beberapa kampung lain beberapa waktu lalu.

“Bantuan PLTS dari Pemprov Kaltim ini kapasitasnya 29,4 KWP dan ini nanti untuk masalah perawatan akan melibatkan pemerintah Kampung. Ya mereka yang nanti bertugas akan dilatih dulu supaya dalam memahami ketiga ada gangguan nantinya,”pungkas Roni

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar