PPKM di Balikpapan Turun ke Level 1

KBRN, Samarinda : Mengacu pada Instruksi Mendagri nomor 65 Tahun 2021 tanggal 6 Desember, Pemerintah Kota Balikpapan telah menetapkan PPKM Kota Balikpapan, yang sebelumnya berada di level 2, menjadi level 1. Aturan tersebut diumumkan melalui laman resmi Instagram Pemerintah Kota Balikpapan Selasa (7/12/2021).

Penetapan ini berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Balikpapan No. 300/ 628/ PEM. yang dikeluarkan tanggal 7 Desember 2021, tentang Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan COVID-19 di tingkat Kelurahan untuk pengendalian penyebaran.

Dalam Surat Edaran itu terdapat sejumlah kebijakan diantaranya seperti aturan pembelajaran di sekolah yang menyesuaikan dengan aturan Kemendikbud.

Selain itu, untuk kegiatan non esensial teruntuk UMKM, tempat usaha hingga pasar tetap diperbolehkan buka hingga pukul 21.00 WITA. Namun, masih dengan pembatasan yakni 50 persen kapasitas dan wajib protokol kesehatan. Disamping itu terdapat aturan khusus di sektor ini, yaitu jika ditremukan kasus terkonfirmasi maka tempat yang bersangkutan harus di tutup selama 5 hari.

Ditengah PPKM level 1 di Balikpapan ini juga sudah mulai banyak sektor esensial yang diperbolehkan untuk beroperasi 100 persen seperti sektor industri, toko swalayan, apotek hingga perhotelan namun dengan penerapan protokol kesehatan.

Berbeda dengan pusat perbelanjaan atau mall masih dibatasi 50 persen kapasitas dengan protokol kesehatan dan wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi.

Sama halnya dengan tempat wisata yang dibatasi hingga pukul 17.00 WITA

Dalam edaran tersebut Walikota Samarinda menghimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan, mengurangi mobilitas kecuali terdapat keperluan penting dan aktifitas bekerja.

Surat edaran ini mulai berlaku secara efektif sejak tanggal 7 sampai 23 Desember.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar