Kompilasi Data Statistik Sektoral Satu Sistem Di Mahulu

Asisten II Pemkab Mahulu, E. Tek Hen Yohanes.png

KBRN,Mahulu: Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melaksanakan pelatihan Kompilasi Data Statistik Sektoral.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyatukan prinsip statistik supaya menghasilkan data yang akurat, sesuai Misi Kabupaten Mahulu yakni menciptakan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan, dan akuntabel.

“Tentunya sebagai Operator Data masing-masing OPD kita berharap dalam hal ini sebagai Produsen Data dan wali data pendukung dapat memahami dan bisa mengimplementasikan pengumpulan dan pengolahan data yang baik sesuai DATA ASET yang telah disepakati,” ujar E. Tek Hen Yohanes, Asisten 2 Pemkab Mahulu, Rabu (8/12/2021).

dikatakan hal ini dilakukan agar Kabupaten Mahulu juga siap dalam  menuju program Satu Data Indonesia (SDI). Sehingga dalam mempersiapkan hal tersebut, diperlukan peran serta semua pengelola data di tingkat OPD, Badan, UPTD dan Kecamatan.

Sehingga tercipta acuan untuk data pembangunan Kabupaten Mahulu, yang akan menjadi pedoman dalam pengambilan kebijaksanaan untuk peningkatan pembangunan pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya, Kabid Statistik dan Persandian Rosilawati Arham Jonathan mengakui, maksud dan tujuan dari sosialisasi ini untuk mengenalkan sistem pengelolaan data sektoral di masing-masing OPD di Lingkungan Pemkab Mahulu

“Data yang dihimpun tersebut, nantinya dapat digunakan sebagai gambaran perkembangan pembangunan daerah khususnya Kabupaten Mahulu, juga dapat diaplikasikan dalam rangka mendukung program Satu Data Indonesia,” jelasnya.

Para peserta yang mengikuti kegiatan itu merupakan para operator data yang bertugas dan berkompeten dalam program ini dari masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Mahulu. Sehingga diharapkan sistem administrasi data dapat terealisasi dengan akurat secara menyeluruh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar